20:00 . Petani Pucangan Palang Hanyut di Sungai, Begini Kronologinya   |   19:00 . Sempat Terendam Banjir, Arus Lalulintas Tuban-Widang Tersendat   |   18:00 . Warga Kumpulrejo Bangilan Tolak PJ Kades dari Luar Desa   |   17:00 . Diduga Ugal-ugalan dan Bahayakan Pengguna Jalan, Kendaraan Bus Ditilang   |   16:00 . Hasil Musdes Kasus Perselingkuhan Kasun di Montong Belum Disampaikan ke Kecamatan   |   10:00 . Sang Peletak Dasar Organisasi IPPNU itu Telah Tiada   |   09:00 . Nyai Hj. Basiroh Shoimuri Pendiri IPPNU Wafat di Usia 83 Tahun   |   08:00 . BMKG Minta Waspadai Cuaca Ekstrem   |   07:00 . Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat   |   22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |  
Thu, 21 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dua Pekan Batasi Kunjungan Wisata dan Kolam Renang

bloktuban.com | Saturday, 02 January 2021 15:00

Dua Pekan Batasi Kunjungan Wisata dan Kolam Renang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban telah mengeluarkan kebijakan berupa Surat Edaran (SE) Bupati Tuban terkait pembatasan kunjungan wisata dan kolam renang. Rem darurat tersebut diinjak untuk menekan munculnya klaster pariwisata di Bumi Wali di awal tahun 2021.

SE tersebut berlaku mulai tanggal 30 Desember 2020 dan berakhir pada 12 Januari 2021. Dalam waktu dua pekan kunjungan wisata dibatasi hingga 30 persen dari total kapasitas normal, Sabtu (2/1/2021).

"Batasan ini berlaku untuk semua objek wisata dan kolam renang yang dikelola swasta, Pemerintah desa, maupun Pemerintah Kabupaten," tulis Bupati Tuban, Fathul Huda dalam surat edaran yang diterima blokTuban.com.

Bupati dua periode juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyosialisasikan kebijakan ini di tengah Kabupaten Tuban masih berstatus zona merah. Selain itu, memastikan pembatasan kunjungan berjalan dengan baik.

Teknis di tiap wilayah kecamatan, Bupati meminta Camat bersinergi dengan Forkopimka untuk memantau dan membantu pelaksanaan pembatasan sementara seluruh objek wisata dan kolan renang.

"Bila pembatasan tidak dilakukan maka OPD terkait dapat melakukan penutupan wisata dan kolam renang tersebut," tegas Bupati.

Salah satu wisata yang dikelola Pikdarwis bekerjasama dengan Pemerintah Desa Socorejo dan BUMDesa yang telah menerapkan pembatasan kunjungan adalah Pantai Semilir. Total kapasitas wisata ini 6.000 orang dan selama dua pekan hanya menerim 2.000 kunjungan per harinya.

"Setiap waktu kami bersama anggota Polsek Jenu, Polres Tuban juga rutin patroli mendisiplinkan masyarakat soal protokol kesehatan," sambung Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim terpisah.

Disisi pendapatan ekonomi, Kades Socorejo melihat kebijakan ini memukul para UKM warga Socorejo yang berjualan di Pantai Semilir. Akan tetapi, kebijakan ini juga perlu dilakukan karena lonjakan kasus positif COVID-19 tak terkendali.

"Tetap berlibur sehat dengan tetap ingat pesan ibu '3M' yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman," pungkasnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : wisata, tuban, se, bumdes, kolam, renang



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more