Buah Belimbing, Jadi Ikon Baru di Alun - Alun Tuban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Satu lagi area di Alun - alun Tuban yang dihiasi ikon Kabupaten Tuban, yakni buah belimbing yang dimunculkan dalam bentuk bangunan atap sebuah toilet.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan PRKP Kabupaten Tuban, Sumarno mengatakan, pihaknya ingin mengangkat  ciri khas Tuban mulai dari nama taman, seperti Taman Sleko,  Taman Manunggal Kidul, Manunggal Lor, Taman Kapur, Taman Cokro , Taman Sumur Gemuling,  dan juga miniatur buah yang ada di trotoar dan toilet.

"Tujuannya agar masyarakat luar Tuban tahu, kalau di Tuban selain terkenal Buah Entalnya juga ada Buah Belimbingnya," ujar Sumarno, Minggu (27/12/2020).

Lebih lanjut, atap Buah Belimbing tersebut merupakan bangunan toilet yang berada di area Alun-Alun Tuban tepatnya sebelah selatan Wisata Pantai Boom. 

"Itu bangunan toilet yang kami renovasi bagian atapnya," ujarnya.

Ia menambahkan, di akhir tahun 2020 ini pihaknya juga menambahkan satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yaitu Taman Cokro yang berada di Jalan Cokroaminoto Tuban. 

"Selain itu, kami juga merenovasi Taman Kapur dan Taman Sumur Gemilang," imbuhnya.

Ia menjelaskan, untuk membangun RTH baru dan merenovasi beberapa taman serta fasilitas umum, anggaran yang di keluarkan sekitar Rp150 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belajar Daerah (APBD) Kabupaten Tuban.

"Untuk tahun depan ini belum ada rencana pembangunan lagi sebab, anggaran difokuskan untuk penanganan Covid-19," tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya RTH baru dan juga fasilitas umum, masyarakat di himbau untuk memanfaatkannya juga harus ikut serta menjaganya.

"Saya berharap jagan dirusak sabab, ini dibangun dengan uang rakyat," tandasnya. [nid/col]