Libur Nataru, Keluar Masuk Kendaraan di Wisata Semilir Diperketat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Libur panjang hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 menjadi berkah tersendiri bagi pengelola wisata Pantai Semilir yang ada di Jalan Tuban-Bancar KM23 Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban.

Bila di hari biasa ada 100 pengunjung yang masuk, di saat libur jumlah kunjungan melonjak drastis. Lonjakan tersebut yang diantisipasi pengelola wisata alam supaya tidak terjadi tindakan kriminal.

"Mulai hari ini setiap kendaraan yang masuk wajib menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Begitupun saat meninggalkan wisata juga menunjukkan STNK asli ke petugas jaga," ujar Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim, Sabtu (26/12/2020).

Pengetatan kendaraan di Semilir, lanjut Kades alumnus UIN Yogyakarta menjadi bagian layanan kepada pengunjung. Ketika aturan ini berjalan, maka setiap orang yang datang akan merasa nyaman dan tenang.

Semilir sendiri memiliki area parkir cukup luas. Mampu menampung puluhan kendaraan elf, pribadi, hingga bus pariwisata. Konsep tiket masuk gratis terhitung sukses menarik animo pengunjung datang.

"Selain berlibur ke Semilir beberapa waktu lalu Camat dari Magetan juga studi tiru dan mampir kesini," imbuh Kang Arief sapaan akrab Kades Socorejo.

Selain kendaraan yang diperketat, pengelola Semilir juga terus mengajak pengunjung disiplin 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau kerumunan.

Dengan kekompakan dan saling mengingatkan untuk patuh protokol kesehatan, diharapkan virus Covid-19 di Kabupaten Tuban dan Indonesia segera hilang. Karena corona sangat berdampak pada ekonomi warga.

"Kami rutin patroli bersama Bhabinkamtibas Socorejo dan Polsek Jenu untuk mendisplinkan masyarakat. Ketika ditegur masih abai, Satgas COVID-19 Kecamatan Jenu sempat menghukum pelanggar untuk push up di tempat," tandasnya. [ali/ono]