20:00 . Petani Pucangan Palang Hanyut di Sungai, Begini Kronologinya   |   19:00 . Sempat Terendam Banjir, Arus Lalulintas Tuban-Widang Tersendat   |   18:00 . Warga Kumpulrejo Bangilan Tolak PJ Kades dari Luar Desa   |   17:00 . Diduga Ugal-ugalan dan Bahayakan Pengguna Jalan, Kendaraan Bus Ditilang   |   16:00 . Hasil Musdes Kasus Perselingkuhan Kasun di Montong Belum Disampaikan ke Kecamatan   |   10:00 . Sang Peletak Dasar Organisasi IPPNU itu Telah Tiada   |   09:00 . Nyai Hj. Basiroh Shoimuri Pendiri IPPNU Wafat di Usia 83 Tahun   |   08:00 . BMKG Minta Waspadai Cuaca Ekstrem   |   07:00 . Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat   |   22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |  
Thu, 21 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mak Nyus..! Becek Buwuhan dan Nasi Daun Jati Khas Tuban

bloktuban.com | Thursday, 24 December 2020 10:00

Mak Nyus..! Becek Buwuhan dan Nasi Daun Jati Khas Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tidak harus menunggu hajatan jika ingin menyantap becek buwuhan dan nasi beraroma daun jati yang mak nyus ini. Sekarang di Kabupaten Tuban, kapanpun bisa menikmati kuliner bersama keluarga dan teman.

Kuliner khas Tuban ini tersedia di Bale Rasa Joglo Istimewa yang berlokasi di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak. Lokasinya mudah dicari melalui google map.

Hadirnya becek buwuhan di tengah pandemi Covid-19 juga mengobati kerinduan masyarakat yang kangen kuliner hajatan. Ide bisnis tersebut mendapat respon positif dari warga Tuban dan sekitarnya hingga Jawa Tengah.

Rata-rata pengunjung yang datang karena penasaran dengan cita rasanya. 

"Rasanya nikmat, setelah menyantapnya serasa ada di acara hajatan. Ini yang bikin istimewa," ucap Hadak pengunjung Balai Rasa.

Sembari menikmati suguhan becek, Hadak menjelaskan harga kuliner tersebut sangat terjangkau. Baik untuk kalangan menengah ke bawah ataupun menengah ke atas.

Pengunjung lainnya, Muttohar menceritakan bahwa rasa pedas becek buwuhan ini pas. Santan becek juga tidak terlalu kental, sehingga rasanya enak.

"Cocok bagi orang yang menghindari makanan bersantan," sambungnya.

Tohar sapaan akrabnya mengakui ada perbedaan antara nasi yang dibungkus dengan daun jati dengan yang tidak. Warna nasinya agak kemerahan dan beraroma khas.

Selain menyantap becek dengan nasi beras, pemilik warung juga menyediakan nasi jagung. Kuah bening becek dipadu nasi jagung, bikin yang makan cepat keringetan.

Becek buwuhan yang selalu dihidangkan dalam kondisi hangat berisi daging sapi yang empuk. Pengunjung yang punya masalah gigi, tidak perlu khawatir rasa sakit setelah makan.

Alunan musik hajatan remang-remang dipadukan suasana Joglo bikin betah pengunjung. Bagi yang ingin merasakan angin segar, pengunjung juga bisa bersantai di luar Joglo.

"Ide kuliner ini muncul karena rindu ketika hajatan di Tuban pasti disuguhi becek dan nasi dibungkus daun jati. Belakangan jarang kita temui kuliner semacam ini," tutur Andik Sutikno pemilik warung Bale Rasa, Kamis (24/12/2020).

Andik sengaja menyajikan nasi daun jati. Karena nasi beras yang masih panas, saat dibungkus daun akan muncul aroma khasnya.

Dalam sehari Bale Rasa menghabiskan 100 porsi lebih. Harganya dipatok murah Rp 20.000 untuk satu porsi nasi dan becek. Selain becek, disediakan pula menu lain seperti ayam sambel Joglo dan telur dadar.

"Sengaja kami tidak sedang banyak menu dengan tujuan becek buwuhan bisa dikenal kembali oleh masyarakat Tuban dan sekitarnya," ujarnya.

Kuliner becek buwuhan ini tak hanya dinikmati oleh pengunjung asal Kabupaten Tuban tapi juga dari Gresik, Lamongan, Rembang, hingga Yogyakarta. Mereka yang jauh, kemudian singgah ke Bale Rasa ketika melewati Kabupaten Tuban. [ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kuliner, becekbuwuhan, nasidaunjati



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more