Beberapa Bahan Pokok Naik Jelang Natal, Satgas Pangan: Masih Wajar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ketersediaan bahan pokok di momentum Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 menjadi perhatian khusus bagi Satgas Pangan di Kabupaten Tuban, Kamis (24/12/2020). 

Untuk mengantisipasi kelangkaan, petugas gabungan dari Sat Reskrim Polres Tuban dan petugas dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memantau harga barang di beberapa toko di Pasar Baru, Jalan Gajah Mada Tuban pada tanggal 23 Desember 2020. 

Pemantauan dipimpin Wakapolres Andi Yudha Pranata Siboro bersama petugas gabungan dari Sat Reskrim Polres Tuban, Diskoperindag, Dinas pertanian, dan Dinas Perikanan.  Mereka melakukan pengecekan ketersediaan maupun harga kebutuhan pokok, daging ayam serta daging sapi.

"Ketersediaan kebutuhan pokok masih tercukupi Menjelang Natal," ucap Wakapolres Tuban, Andi Yudha. 

Pantauan petugas ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan antara lain cabai rawit Rp 44.000 per kilogram (kg), cabai besar Rp 50.000 bawang putih Rp 27.000, kedelai Rp 9.000.

Sedangkan kebutuhan pokok yang harganya stabil diantaranya daging sapi Rp 110.000 per kg, daging ayam Rp 32.000 per kg, beras cap lele Rp 9.000 per kg.

Andi menegaskan terpantau dari beberapa toko harga kebutuhan pokok masih stabil dan tidak ada kelangkaan. Walaupun ada beberapa yang naik namun masih wajar dan tidak ada yang signifikan. [ali/ono]