15:00 . Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus   |   08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Punya 115 Inovasi, Tuban Raih Penghargaan IGA 2020

bloktuban.com | Tuesday, 22 December 2020 15:00

Punya 115 Inovasi, Tuban Raih Penghargaan IGA 2020

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Di pengujung tahun 2020, Kabupaten Tuban menorehkan prestasi dikancah Nasional. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif pada Innovative Government Award (IGA) 2020 kepada Pemkab Tuban.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri Dr. Drs. Agus Fatoni kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban.

Kepala Bidang Penelitian & Pengembangan Bappeda Tuban, Abdul Afif, mengungkapkan IGA 2020 dikhususkan untuk penilaian inovasi yang diterapkan mulai tahun 2017- 2019. Penilaian dilakukan terhadap penerapan inovasi di Kabupaten Tuban, diantaranya tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik maupun inovasi lainnnya.

"Semakin banyak inovasi yang ditetapkan akan semakin tinggi score yang didapatkan," ungkapnya.

Sebanyak 115 inovasi yang diinputkan pada sistem penilaian yang berasal dari seluruh OPD di Kabupaten Tuban. Bentuk penilaian berupa indeks, sehingga semua inovasi menjadi penentu dalam penilaian ini.


Penetapan score tinggi berdasarkan bukti penerapan inovasi tersebut pada masing- masing OPD. Penerapan inovasi terhadap pelaksanaan pemerintahan sangat mutlak diperlukan. Tuntutan dan ekspektasi  masyarakat terhadap pelayanan publik terus berkembang dan semakin tinggi.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah harus terus berinovasi  guna menjawab tantangan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Di samping itu, di era globalisasi dan informasi kepuasan maupun ketidakpuasan masyarakat
terhadap layanan dapat dengan mudah dipantau dan diketahui publik.

"Karenanya, pemerintah harus terus kreatif dan inovatif untuk mengimbangi tuntutan masyarakat yang kian kompleks," sambungnya.

Abdul Afif menerangkan berbagai inovasi yang diterapkan OPD mampu memberikan dampak yang signifikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya, aplikasi Jariku Android yang dikembangkan Bagian Hukum Setda Tuban dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh informasi tentang ketentuan hukum maupun perundang-undangan.

Pemkab Tuban terus mendorong setiap OPD berinovasi sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pada 2020 juga diadakan Lomba Inovasi sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada inovator di Kabupaten Tuban. Ke depannya, Pemkab Tuban akan terus mendorong semua OPD maupun ASN untuk terus berinovasi.

"Upaya tersebut juga diimbangi dengan penghargaan untuk seluruh inovator yang telah menginisiasi," jelasnya.

Abdul Afif mendorong peningkatan kematangan dan penerapan inovasi di Kabupaten Tuban. Sekaligus memperluas jangkauan inventarisasi data inovasi yang selama ini belum terdata seperti inovasi yang ada di seluruh Puskesmas, desa, dan sekolah- sekolah. Serta dilakukan pendokumentasian setiap inovasi tersebut.

Penilaian IGa award fokus pada kematangan inovasi yang diterapkan. Sebenarnya Pemkab Tuban banyak inovasi yang sudah dikembangkan namun tingkat kematangannya masih bervariasi. Langkah ini dimaksudkan agar mendongkrak score IGA, sehingga mampu mengantarkan Kabupaten Tuban masuk dalam top 5.
"Harapan tentu saja agar Pemkab mendapatkan reward DID yang diberikan kepada score tertinggi 3 besar disetiap kategori," pungkasnya. [ali/ito]

Tag : bpp, tuban, penghargaan, iga, awards



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more