Hindari Warga Binaan Depresi, Lapas Diberi Pembekalan ESQ

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Untuk menghindari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terdiri dari narapidana dan tahanan tak jarang mengalami depresi dan mengalami gangguan emosional, Lapas Tuban memberi pembekalaan ESQ Selasa(15/12.2020). 

Penyebab depresi bermacam-macam. Salah satunya adalah lamanya masa hukuman menjadi biasanya alasan utama. Terlebih saat ini ditambah dengan pandemi covid-19 yang tak kunjung usai. Pembekalan Emotional and Spritual Quotient (ESQ) ini dinilai sangat penting. Seluruh WBP nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pembekalan ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan dan peningkatan kualitas hidup WBP menuju lebih baik lagi. 

Kepala Lapas Tuban, Siswarno mengatakan kegiatan pelatihan ESQ ini sangat bermanfaat bagi WBP untuk menjalani hidup setelah bebas nanti.

“Kegiatan ditujukan agar Warga Binaan disadarkan untuk mengawali kepedulian dari hati dalam menggapai tujuan hidup. Juga diingatkan bahwa hidup dalam penjara jangan dibuat sebagai kerangkeng sehingga membuat berpikir yang negatif,’’ ujarnya.

Pembekalan yang diisi oleh Irvan Suryaningrat tersebut juga menyelipkan permainan-permainan seru serta sesi tanya jawab dengan WBP. Dia berharap WBP Lapas Tuban dapat berbuat baik dan bermanfaat setelah bebas.

“Saya harap materi ESQ ini dapat memberikan dampak positif bagi pribadi WBP di sini,’’ harap dia.

Tak hanya itu, lanjut Irvan, ESQ juga akan menjadi bahan muhasabah atau introspeksi diri untuk evaluasi diri mereka selama hidup di dunia. 

‘’Saya juga berharap kepada warga binaan dapat berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi lingkungan bermasyarakat setelah bebas,” tandas Irvan.[ali/ono]