Real Count KPU, Paslon Nomor 02 Masih Memimpin

 

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hasil sementara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban, pasangan Lindra - Riyadi masih unggul dari dua pasangan lainnya.

Berdasarkan data sementara real count di situs resmi KPU pilkada2020.kpu.go.id pada Jumat(11/12/2020) pukul 14.13 wib.  Paslon nomer urut 01 Khozanah Hidayati dan Muhammad Anwar memperoleh suara 91.286 atau 23,8 persen. 

Sementara itu paslon nomor urut 02 Aditya Halindra - Riyadi memperoleh suara 227.266 atau 59.3 persen dan Paslon nomer urut 03 Setyadjit - Armaya memperoleh suara 64.934 atau 16.9 persen.

"Ini masih hasil sementara, penentuan pemenang tetap didasarkan pada pengumuman KPU berdasarkan hasil rekapitulasi manual KPU yang dilakukan secara berjenjang," ujar Komisioner Devis Sosdiklih, SDM dan Parmas, Zakiyah Munawaroh.

Ia menjelaskan, data yang ditampilkan pada menu hitung surat suara adalah data hasil foto formulir model C hasil KWK yang dikirim oleh KPPS melalui sirkap. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir model c hasil KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

"Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh sirekap dengan data yang tertulis pada formulir c hasil KWK, maka akan di lakukan koreksi pada sirekap web tingkat kecamatan," imbuhnya.

Ia menambahkan, data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

 "Karena, penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara dilakukan berjenjang sesuai tingkatan dalam rapat pleno terbuka," tandasnya. [nid/col]