Ajak Warga Singgahan Disiplin Terapkan Pola Hidup Baru

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Tingginya penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di berbagai wilayah Indonesia, Temasuk Jawa Timur, TNI-Polri bersama Satpol PP Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, gencarkan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan 3M.

Hal ini sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perbup nomor 65/2020 Kabupaten Tuban, sebelumnya juga dikeluarkan perbup 34 tahun 2020 tentang kuwajiban memakai masker untuk memutus mata rantai serta penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Pantauan dilapangan TNI - Polri dan satpol PP kecamatan setempat bergerak bersama menyasar tempat keramaian dan warung, mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan 3M.

Himbauan dilakukan Bati Tuud Koramil 0811/16 Singgahan Kodim 0811/Tuban Pelda Bambang Kartiko dengan Bhabinkamtibmas Bripka Roni menyisir warung-warung dan fasilitas umum.

"Kami akan terus mengingatkan warga tentang penangan pencegahan penyebaran virus corona," ujar prajurit TNI Bambang Kartiko, Sabtu (5/12/2020).

Dia juga memberikan arahan kepada warga sipil untuk penerapan pola hidup baru saat pandemi Covid-19 ini, yakni wajib memakai masker dikala keluar rumah dan rajin cuci tangan, serta menjaga jarak dalam penerapan kesehariannya.

"Kewaspadaan dilingkungan komsos, agar pencegahan efektif tidak meluas wabah covid-19, " imbuhnya

Kapolsek Singgahan AIPTU Suharto mengatakan sinergitas TNI - Polri terus ditingkatkan untuk menggalakkan dan ingatkan masyarakat adanya covid-19 yang menyeliputi daerah - daerah juga dilingkungan.

"Wabah ini kan belum berakhir jadi TNI -Polri terus dorong protokol kesehatan 3M adalah salah satu cara memutus penyebaran covid-19, " bebernya

Warga yang membandel tidak mamatuhi protokol kesehatan kata Aiptu Suharto tetap diberikan edukasi hingga diberikan masker kembali bila kedapatan tidak memakai masker saat beraktivitas diluar rumah.

“Himbauan edukasi ini, kami mengajak warga masyarakat untuk selalu memakai masker baik di rumah maupun saat berpergian, selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum ataupun sesudah beraktivitas dan menjaga kesehatan diri dan lingkungan atau tempat tinggal," harapnya

Kapolsek Singgahan juga menghentikan aktivitas sementara kegiatan yang melibatkan orang banyak. Warga diminta mengurangi interaksi sosial atau jaga jarak dan taati maklumat pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19.

"Langkah antisipasi dan sosialisasi ini diharap dapat memberi kenyaman warga untuk bersama memerangi wabah Nasonal," tutupnya. [ali/rom]