20:00 . Petani Pucangan Palang Hanyut di Sungai, Begini Kronologinya   |   19:00 . Sempat Terendam Banjir, Arus Lalulintas Tuban-Widang Tersendat   |   18:00 . Warga Kumpulrejo Bangilan Tolak PJ Kades dari Luar Desa   |   17:00 . Diduga Ugal-ugalan dan Bahayakan Pengguna Jalan, Kendaraan Bus Ditilang   |   16:00 . Hasil Musdes Kasus Perselingkuhan Kasun di Montong Belum Disampaikan ke Kecamatan   |   10:00 . Sang Peletak Dasar Organisasi IPPNU itu Telah Tiada   |   09:00 . Nyai Hj. Basiroh Shoimuri Pendiri IPPNU Wafat di Usia 83 Tahun   |   08:00 . BMKG Minta Waspadai Cuaca Ekstrem   |   07:00 . Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat   |   22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |  
Thu, 21 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air

bloktuban.com | Friday, 04 December 2020 17:00

Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Hujan deras selama satu jam pada Jumat (4/12/2020) siang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban. Salah satunya adalah Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang. 

Banjir langsung menghambat arus lalu lintas jalur Deandles pesisir pantai utara Jawa. Baik kendaraan dari arah Semarang atau Surabaya harus pelan-pelan, untuk menghindari mesin mogok. 

Warga Panyuran merasakan banjir ini sudah bertahun-tahun lamanya. Air bah datang dari hulu yaitu Kecamatan Semanding, dan bermuara di Panyuran sebagai titik hilir. 

"Siang ini hujan satu jam langsung banjir," ucap Muhasan warga Panyuran kepada blokTuban.com. 

Bagi warga banjir yang menerjang wilayahnya tidak selalu ada hujan deras di Panyuran. Bila wilayah selatan hujan, maka air otomatis mengarah ke laut Panyuran. 

Karena sungai kurang lebar dan jembatan sempit, maka material yang terbawa dari hulu menyumbat air. Banjir kemudian meluber ke rumah-rumah warga dan lokasi wisata. 

"Dengan memasang sak pasir di depan rumah kami harapkan air tidak lagi masuk rumah," imbuhnya. 

Kabar sudah dianggarkannya penanganan banjir Panyuran sudah didengar warga. Ketika meminta izin ke pusat untuk membongkar jembatan Deandles, kabarnya tidak diizinkan. Sampai detik ini belum ada titik temu dan sudah berlangsung bertahun-tahun. 

"Ada ratusan rumah warga terdampak dan warga hanya bisa pasrah mengamankan barangnya masing-masing," terangnya. 

Diketahui, banjir juga telah melanda Panyuran pada Minggu (29/11) malam. Keesokan harinya Camat Palang, Rohmad bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan intansi terkait ke lokasi untuk melihat kondisi pasca banjir. 

Hasil sementara, solusi menangani banjir di Panyuran akan dipasang jaring untuk menahan material dari hulu. Material dari kebun terbawa dan menumpuk di Panyuran. 

"Bukan sampah rumah tangga yang menyumbat sungai, tapi material seperti kayu, batang bambu dan dedaunan," tegas Camat. [ali/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Banjir, panyuran



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more