13:00 . 12 Ruangan SDN Ngrayung Berlumpur, BPBD dan Guru Lakukan Penyemprotan   |   12:00 . Truk Muat Ayam Nyungsep, Sopir dan Penumpang Selamat   |   11:00 . BPBD Tuban Catat Banjir Terjadi di 11 Kecamatan, Korban Jiwa 1 Orang   |   10:00 . Polisi Bubarkan Aksi Trek-Trekan di Jalan Soekarno-Hatta Tuban   |   09:00 . Sering Picu Kecelakaan, Jalan Berlubang Kembali di Tanami Pohon Pisang   |   08:00 . Diancam Pohon Tumbang Tepian Bengawan, Warga Simo Kerja Swadaya   |   07:00 . Lebih Sehat dengan Bangun Pagi, Begini Cara Menjadi Morning Person   |   20:00 . AMSI Rumuskan Strategi Mendorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Siber   |   19:00 . Tuban Banjir, Hingga Minggu Malam Hujan Belum Reda   |   15:00 . Marak ODGJ Awal Tahun 2021, Ini Kata Kasatpol PP Tuban   |   14:00 . Operasi Yustisi, 4 Orang Tak Pakai Masker Diminta Push Up   |   12:00 . Pemkab Tuban Inginkan Jalan Pantura Dibeton   |   10:00 . Pecinta Sepeda Tua Asal Rengel Ditemukan Meninggal di Plumpang   |   07:00 . Tips Tampil Elegan Tanpa Habiskan Banyak Uang   |   16:00 . Dandim Tuban Tanam Pohon di Kawasan Air Terjun Nglirip   |  
Mon, 25 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun

bloktuban.com | Tuesday, 01 December 2020 14:00

DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menerima Alokasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk Pemerintah Kabupaten Tuban Tahun 2021, Selasa (1/12/2020).

DIPA dan TKDD tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Grand City Convex Surabaya, Senin (30/11/2020) yang di rangkaikan dengan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 Guna Mengantisipasi Kluster Baru Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Untuk Tahun 2021 Kabupaten Tuban menerima DIPA Kementerian/Lembaga sebesar Rp.303.284.195.000 dan TKDD sebesar Rp.1.682.139.482.000.

Selepas menerima DIPA dan TKDD, Bupati mengatakan, akan segera meminta semua OPD di lingkup Pemkab Tuban untuk dapat memaksimalkan penggunaan anggaran demi pembangunan dan pemulihan ekonomi ditengah Pendemi Covid-19 yang masih ada saat ini.

"Adapun kebijakan dan program yang akan dilaksanakan Pemkab Tuban tentu juga diselaraskan dengan program kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jatim. Mulai awal tahun diharapkan semua program kegiatan sudah bisa dilaksanakan dengan optimal," ujar Bupati huda

Sementara itu, Gubernur Jatim dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi, ada empat fokus APBN tahun anggaran 2021. Pertama, bidang kesehatan, untuk vaksin, sarpras kesehatan, lab dan penelitian. Kedua, perlindungan sosial bagi kelompok miskin dan rentan.

Untuk yang ketiga, pemulihan ekonomi nasional untuk dukungan UMKM dan dunia usaha, keempat, reformasi struktural, yaitu di bidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial yang akan segera dibelanjakan dan dimanfaatkan dan yang sudah di transfer oleh Pemerintah Pusat.

"Vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan perekonomian dilaksanakan, bantuan sosial segera disalurkan kepada masyarakat penerima, sehingga perekonomian bergerak dan bisa tercipta lapangan kerja sebanyak-banyaknya," sambung Gubernur yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Gubernur Khofifah berpesan, agar semua Bupati dan Walikota  segera bergerak cepat untuk melaksanakan dan membelanjakan setelah DIPA dan TKDD diterima.

"Setelah DIPA dan TKDD diserahkan, kepala daerah harus segera memanfaatkan dan harus segera membelanjakan untuk dapat menggerakkan ekonomi kita," pesannya.

Sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo juga, diinstruksikan agar Pemerintah Daerah mengedepankan prinsip Reformasi Anggaran, yaitu cermat, efektif dan efesien.

"Tugas utama kita adalah membantu masyarakat, setiap rupiah uang rakyat harus dibelanjakan untuk kepentingan rakyat," tegasnya.

Untuk diketahui DIPA sendiri adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun berdasarkan Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja pemerintah pusat. DIPA berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran setelah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan.

Sementara TKDD, adalah dana alokasi transfer dari Pemerintah Pusa
t kepada Pemerintah Daerah, untuk Jatim diserahkan kepada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur termasuk Kabupaten Tuban. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tkdd, dipa, pilkada, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more