18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |   17:00 . Kasus Covid-19 Melandai, Permintaan Plasma Konvalesen di Tuban Nihil   |   15:00 . Sisir Pantura Tuban, Petugas Gabungan Amankan Puluhan Botol Miras   |   12:00 . Pengendara Motor di Tuban Meninggal Tertabrak Truk   |   11:00 . Tak Diberi Izin Latihan di Desa Sumberarum, Begini Respon Ketua Pagar Nusa Tuban   |   10:00 . Truk Tronton Muatan Biji Gandum Terbakar di Pantura Tuban   |   09:00 . Digusur dari Jakarta, Sekarang Laris Jualan Es Campur dan Gado-gado   |   08:00 . Berbekal Resep dari Youtube, Usaha Street Food Korea ini Hasilkan Omset Jutaan   |   07:00 . Catat! 5 Fakta Penting Soal MPASI yang Wajib Diketahui Orangtua   |   19:00 . Pemuda 24 Tahun Ini Sulap Hobi Rawat Kucing Jadi Peluang Bisnis   |   18:00 . Perpres Terkait Dana Abadi Pesantren Ditandatangani Jokowi, Ini Pesan Kemenag Tuban   |   17:00 . Pembangunan Stasiun Kereta Api di Kilang Tuban Sedang Dikaji   |   16:00 . Kilang TPPI Tuban Ditargetkan Jadi Penghasil Petrokimia Terbesar di Asia Tenggara   |   15:00 . Warga Bejagung Lor Pertahankan Tradisi Manganan di Tengah Pandemi   |   14:00 . Pengganti Ilmi Zada di Wakil Ketua DPRD Resmi Dilantik   |  
Sat, 25 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun

bloktuban.com | Tuesday, 01 December 2020 14:00

DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menerima Alokasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk Pemerintah Kabupaten Tuban Tahun 2021, Selasa (1/12/2020).

DIPA dan TKDD tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Grand City Convex Surabaya, Senin (30/11/2020) yang di rangkaikan dengan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 Guna Mengantisipasi Kluster Baru Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Untuk Tahun 2021 Kabupaten Tuban menerima DIPA Kementerian/Lembaga sebesar Rp.303.284.195.000 dan TKDD sebesar Rp.1.682.139.482.000.

Selepas menerima DIPA dan TKDD, Bupati mengatakan, akan segera meminta semua OPD di lingkup Pemkab Tuban untuk dapat memaksimalkan penggunaan anggaran demi pembangunan dan pemulihan ekonomi ditengah Pendemi Covid-19 yang masih ada saat ini.

"Adapun kebijakan dan program yang akan dilaksanakan Pemkab Tuban tentu juga diselaraskan dengan program kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jatim. Mulai awal tahun diharapkan semua program kegiatan sudah bisa dilaksanakan dengan optimal," ujar Bupati huda

Sementara itu, Gubernur Jatim dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi, ada empat fokus APBN tahun anggaran 2021. Pertama, bidang kesehatan, untuk vaksin, sarpras kesehatan, lab dan penelitian. Kedua, perlindungan sosial bagi kelompok miskin dan rentan.

Untuk yang ketiga, pemulihan ekonomi nasional untuk dukungan UMKM dan dunia usaha, keempat, reformasi struktural, yaitu di bidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial yang akan segera dibelanjakan dan dimanfaatkan dan yang sudah di transfer oleh Pemerintah Pusat.

"Vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan perekonomian dilaksanakan, bantuan sosial segera disalurkan kepada masyarakat penerima, sehingga perekonomian bergerak dan bisa tercipta lapangan kerja sebanyak-banyaknya," sambung Gubernur yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Gubernur Khofifah berpesan, agar semua Bupati dan Walikota  segera bergerak cepat untuk melaksanakan dan membelanjakan setelah DIPA dan TKDD diterima.

"Setelah DIPA dan TKDD diserahkan, kepala daerah harus segera memanfaatkan dan harus segera membelanjakan untuk dapat menggerakkan ekonomi kita," pesannya.

Sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo juga, diinstruksikan agar Pemerintah Daerah mengedepankan prinsip Reformasi Anggaran, yaitu cermat, efektif dan efesien.

"Tugas utama kita adalah membantu masyarakat, setiap rupiah uang rakyat harus dibelanjakan untuk kepentingan rakyat," tegasnya.

Untuk diketahui DIPA sendiri adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun berdasarkan Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja pemerintah pusat. DIPA berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran setelah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan.

Sementara TKDD, adalah dana alokasi transfer dari Pemerintah Pusa
t kepada Pemerintah Daerah, untuk Jatim diserahkan kepada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur termasuk Kabupaten Tuban. [ali/ito]

Tag : tkdd, dipa, pilkada, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more