Mas Safuan, Wartawan yang Tak Henti Menulis Itu Berpulang

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Senyum mengembang diwajah M. Safuan tampak jelas hingga akhir hayatnya. Pria yang bergabung dan memperkuat media blokBojonegoro.com di awal 2013, menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 17.45 Wib pada Sabtu (28/11/2020). 

Reporter bB tersebut dikenal sebagai wartawan yang tak pernah berhenti menulis berita. Selain berkarya, almarhum juga turut serta menyukseskan kegiatan pengembangan literasi di kalangan pelajar SMP dan SMA sederajat dalam program blokBojonegoro Goes to School (bB-GtS) ke SMA/SMK/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Bojonegoro.

Kabar yang diterima blokTuban.com, Mas Safuan sore hari bermain bulu tangkis dengan putrinya di depan rumah. Saat istirahat, dirinya mengeluhkan dadanya terasa panas dan sempat minum air. Namun tak lama kemudian menghembuskan nafas terakhirnya.

 

Rumah duka almarhum berada di Dusun Panggang, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro. 

Sebagai reporter, bapak dari putri semata wayangnya juga tercatat pernah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim pada 2018, dan dinyatakan kompeten mendapatkan sertifikasi tingkat Muda.

Dalam menekuni profesi jurnalistiknya, Safuan bertanggungjawab mengcover kegiatan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan fokus pada bidang pendidikan. Dia tercatat sebagai reporter paling banyak mengirim berita melebihi target.

Selain itu, almarhum bersama blokBojonegoro.com juga lolos seleksi mendapatkan grant 'Internews Environmental Journalism Network (EJN) Asia Pasific 2021'. 

Pertengahan tahun 2021 direncanakan akan membuat peliputan mendalam terkait lingkungan. Namun dengan semangat, Mas Safuan sudah terlebih dahulu memulai proses penggalian datanya.

"Selamat Jalan Mas Safuan. Semangat dan karyamu akan selalu dikenang," tutur CEO Blok Media Grup (BMG), Muhammad Abdul Qohhar, Minggu (29/11/2020). [ali/col]