Besok 43 Organisasi di Bojonegoro-Tuban Tanam Pohon Serentak

Reporter: M. Yazid

blokTuban.com - Sebanyak 43 organisasi masyarakat, kepemudaan dan lainnya di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban secara bersama-sama akan mengadakan tanam pohon serentak, Sabtu (28/11/2020). Kegiatan gerakan lestari alam raya (Gelar) tersebut merupakan aksi tanam sejuta pohon yang berlangsung serentak se-Indonesia.

"Untuk menggalang kesadaran dan peran aktif semua pihak, 43 organisasi pemerhati lingkungan di kabupaten Bojonegoro dan Tuban akan menanam di 19 titik penanaman di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban," kata Rizal Zubad Firdausi.

Menurut Rizal, lokasi Kabupaten Bojonegoro berlangsung di Desa Ngadiluhur, Penganten dan Lengkong yang ada di Kecamatan Balen. Serta Desa Sumberharjo Kecamatan Sumberejo, Sukoharjo Kecamatan Kalitidu, Desa Mojodelik Kecamatam Gayam, Desa Kandangan dan Desa Trucuk Kecamatan Trucuk. Selain itu juga di lima desa di Kecamatan Ngambon.

Sedangkan di Kabupaten Tuban dilaksanakan di Desa Manunggal, Sumurjalak dan Kesamben Kecamatan Plumpang. Selain itu Desa Pucangan, Glodok dan Leran Kulon Kecamatan Palang. Untuk tanaman yang ditanam bervariasi seperti trembesi, mahoni, sengon, kelor, tabebuya, mangrove, cemara laut, mangga, sirsak, nangka dan jati.

"Gerakan ini bentuk kampanye sekaligus contoh gerakan serentak oleh masyarakat dan sukarelawan yang berkontribusi dalam memperbaiki kelestarian lingkungan dan merawat bumi," jelasnya.

Ditambahkan, lokasi yang dipilih waduk atau embung, tepi sungai dan sumber mata air sebagai fungsi konservasi air. Sedangkan untuk menambah ruang terbuka hijau dan penghijauan gerakan ini memilih fasilitas umum seperti lapangan dan sepanjang jalan raya dengan bekerjasama bersama masyarakat sekitar. "Agar tumbuh rasa memiliki dan turut serta merawat pohon yang ditanam itu," pungkasnya. [zid/lis]