Serco Asia Pasifik Gandeng BUMD PT RSM Tandatangani Kerjasama Bangun RS Internasional di Tuban
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Satu lagi terobosan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)nya PT Ronggolawe Sukses Mandiri (RSM) digandeng oleh Serco Asia Pasifik yang berkedudukan di Australia. 
 
Chief Executive Officer (CEO) Serco Asia Pasifik Gary Brown menyatakan, Tuban dipilih sebagai tempat pengembangan dunia kesehatan mengingat kota ini punya potensi luar biasa dan dalam pertumbuhan yang signifikan. 
 
"Banyaknya proyek vital nasional yang sedang dan akan dibangun di Tuban menumbuhkan potensi masyarakat kelas atas sebagai tenaga profesional yang berkemampuan di bidangnya. Terutama tenaga profesional ekapatriat yang terbiasa dilayani dalam standard Internasional," ujar Gary Brown sebagai CEO Serco Asia Pasifik yang berkantor pusat di Inggris ini. 
 
Sempat melakukan beberapa kali meeting dan kunjungan lapangan bersama Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein, Gary Brown menyatakan lebih tertarik berinvestasi di Tuban dari pada di daerah lainnya di Provinsi Jatim. 
 
"Sebelumnya kami sudah survey terlebih dahulu di Kepanjen Malang dan kami putuskan untuk mengembangkan sayap kami di Tuban," imbuhnya.
 
Penanda tanganan Letter of Intent atau Kesepakatan Bekerjasama ditandatangani antar pihak yakni Serco Asia Pacifik, BUMD Jatim PT Jatim Graha Utama & BUMD Tuban PT Ronggolawe Sukses Mandiri, dilakukan pada hari Kamis (26/11/2020) di Sheraton Hotel Surabaya dalam event Event Java Investival 2020. 
 
Penandatanganan kerja sama dilakukan di hadapan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov Jatim.
 
Sementara itu Amin Jaya Direktur BUMD PT RSM menyatakan mengapresiasi Bapeda Tuban, Dinas Penanaman Modal Tuban serta Bagian Perekonomian Kabupaten Tuban yang sudah bahu membahu merealisasikan rencana kerja sama ini dan tentu saja dukungan dari Bupati Tuban untuk menyiapkan Tuban masa depan yang lebih modern. 
 
"Kita juga berharap, potensi berdirinya RS Internasional ini bisa memfasilitasi bukan hanya warga Tuban saja dan orang yang sedang bekerja di Tuban. Tetapi menjadi fasilitas jarak dekat dengan fasilitas modern untuk warga kota tetangga Tuban. Dan side effectnya tentu saja untuk membangkitkan perekonomian kabupaten," jelasnya.
 
Dubes Indonesia di Australia Kristiarto Legowo melalui virtual dialognya bersama Gubernur Jawa Timur disela sela acara ini menyatakan cukup senang sekali dengan kerja sama tiga pihak yakni BUMD Pemprov, BUMD Tuban dan PT Serco Asia Pacifik Australia. 
 
"Semoga bisa membawa dampak positif di Jawa Timur, khususnya kota Tuban dan sekitarnya," kata Kristiarto Legowo.
 
Apresiasi penandatanganan kerja sama investasi pembangunan RS Internasional di Kabupaten Tuban ini juga diapresiasi Duta Besar Inggris Owen Jenkins melalui sambutan virtualnya dihadapan Gubernur Jatim. Mengingat PT Serco Asia Pacifik berkantor pusat di Inggris. Berharap bisa diikuti perusahaan Inggris lainnya untuk berinvestasi di Jawa timur.[hud/ito]