Bupati Huda Serahkan Alsistan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda, menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban, Kamis (26/11/2020).

Alsintan yang diserahkan dari dana APBD Tuban perubahan tahun 2020, dan APBN. Dana sharing tersebut diwujudkan bantuan dalam bentuk pompa air diesel 135 unit, traktor roda dua 7 unit, traktor roda empat 5 unit, cultivator 11 unit, alat tanam jagung 140 unit, rumah burung hantu 200 unit, dan  motor roda tiga 11 unit.

Bantuan tersebut diharapkan sebagai penunjang mempermudah, dan percepatan sektor pertanian, dan lumbung pangan Nasional di Kabupaten Tuban. Selain itu  mempertimbangkan minimnya minat generasi muda terjun ke sawah sebagai petani.

Bupati Fathul Huda menyampaikan, sebagai bentuk syukur Pemkab Tuban kepada petani karena hasil pertanian kita mengalami kenaikan.

"Sebagai rasa syukur menjadi lumbung pangan Nasional maka kita berikan Alsintan kepada petani," terang Bupati Huda saat didampingi Kepala DPKP Tuban, Murtadji.

Bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan bisa meningkatkan produksi. Bila biasanya panen 1 atau 2 kali per tahun dengan hadirnya Alsintan ini bisa meningkat lebih banyak.

"Saat ini SDM yang kita ketahui bahwa yang menjadi petani turun. Tetapi saya bangga, karena dengan peminat petani yang turun Alsintan ini bisa berfungsi dengan maksimal dan efisien," ungkapnya.

Bupati Huda menjelaskan, kenapa pihaknya memperhatikan petani, karena petani paling tangguh tidak tergoyahkan walaupun dalam kondisi Covid-19 tetap tidak pernah goyah. Ketika terjadi perang dagang tidak pernah goyah, sehingga memberi kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Tuban.

Bupati dua priode ini menambahkan, program pertanian dari hulu sampai hilir saat ini sudah dicoba diterapkan di Kecamatan Widang. Selama ini beras di Tuban menjadi sasaran pedagang dari luar kota, karena hasil padi Tuban premium.

"Padi kita dibawa keluar kota, ke Jawa Tengah ke Jawa Barat untuk di campur sehingga beras-beras yang kurang baik karena dicampur dengan punya kita menjadi premium semua," tandas Bupati dua periode. [ali/ito]