Diberangkatkan Tuban, Rofiatul Muna jadi Qoriah Terbaik di MTQ Nasional

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Qoriah Rofiatul Muna dinobatkan sebagai juara 1 cabang tilawah dewasa putri pada MTQ Nasional ke-28 tahun 2020 di Sumatera Barat. Dia mewakili kontingen Jawa Timur yang diberangkatkan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. 

Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Tuban, Eko Julianto menyampaikan terima kasih kepada seluruh kafilah MTQ Nasional dari Kabupaten Tuban sejumlah 9 orang yang telah berjuang keras mengikuti musabaqoh di Padang Sumbar 12-21 November 2020. 

"Ucapan selamat atas prestasi yang telah dicapai dan telah mengharumkan nama Kabupaten Tuban," terang Eko Julianto kepada blokTuban.com, Minggu (22/11/2020). 

Untuk hadiah, lanjut Eko karena ini event Nasional dan mewakili Pemprov Jatim tentu yang menyiapkan adalah Pemprov. Hadiah dari Pemkab Tuban sudah disampaikan pada saat menjadi juara di event MTQ Provinsi 2019 baik uang pembinaan maupun umroh bagi yang juara 1.

Ditambahkan bahwa tahun 2020 menjadi tahun pertama bagi Kabupaten Tuban mengirimkan sembilan kafilah untuk berkompetisi di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28.

Dengan mengirimkan sembilan kafilah menjadikan Kabupaten Tuban sebagai kabupaten terbanyak yang mengirimkan delegasinya dibandingkan dengan 38 Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur.

Sembilan kafilah yang mewakili Provinsi Jawa Timur diberangkatkan Bupati Tuban, Fathul Huda dari Pendopo Krido Manunggal, Kamis (05/11/2020). Kafilah asal Bumi Wali berjuang di cabang lomba tartil, tilawah, khat alqur'an, tahfidz, dan syarhil. 

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, Rofiatul Muna kelahiran Bojonegoro 29 November 1994. Dosen Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) ini ikut neneknya di Kecamatan Montong Tuban. 

Qoriah bersuara merdu ini menyelesaikan S1 di Malang dan S2 di Jakarta, sembari di pondok pesantren dia menghafalkan Alquran. [ali/col]