16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   12:00 . Bupati Huda Uji Coba MPP dan Launching ADM   |   11:00 . JaDI Resmi Daftar Pemantau Pemilu di KPU Tuban   |   09:00 . Bupati Tuban Resmikan Pasar Rakyat Kenduruan   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |   19:00 . Musim Penghujan, Harga Cabai Meroket   |   16:00 . Kesetrum, Warga Guwoterus Jatuh dari Pohon   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 20 November 2020 15:00

Diskusikan Kelola Plastik jadi Ecobrick

Diskusikan Kelola Plastik jadi Ecobrick

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dianggap sebelah mata oleh masyarakat, sampah seringkali dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan yang baik dan menjadi beban untuk kebersihan maupun kelestarian lingkungan.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada 2018, jumlah sampah tidak terkelola di Kabupaten Tuban mencapai 36 ton per hari. Apabila dikelola dengan baik, olahan sampah sebenarnya dapat membawa manfaat baik secara ekonomi maupun juga kesehatan.

Pemerintah Desa Karangagung, Kecamatan Palang bersama EMCL dan Elsal mendikusikan pengelolaan plastik menjadi ecobrick. Diskusi kelompok berlangsung pada 19 November 2020.

Kepala Desa Karangagung, Palang, Aji Agus Wiyoto mengatakan pemilihan ecobrick telah melalui proses panjang dalam pembahasan antara Pemdes Karangagung, Elsal dan EMCL.

"Desa Karangagung berinisiasi menciptakan pola hidup bersih dan sehat melalui ecobrick yang berasal dari plastik," ucap Aji sapaan akrab Kades Karangagung, Jumat (20/11/2020).

Dengan Ecobrick tersebut, hasil olahan sampah dari masyarakat akan menjadi lebih bernilai. Selain itu, inovasi kali ini juga dijadikan ikon kebanggaan desa yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban Lamongan di sebelah timurnya.

Dalam waktu dekat, untuk menindaklanjuti diskusi kelompok tersebut akan dilakukan pelatihan ecobrick yang melibatkan semua lembaga desa.

"Kami harapkan ecobrick segera terwujud di Karangagung," imbuhnya.

Selain di Karangagung, ecobrik sebenarnya telah diterapkan di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban. Para nelayan secara mandiri mengumpulkan plastik kemudian diolah dan dijadikan pengganti batu bata.

Botol ecobrick dipasang warga sebagai tangkis Sungai Mangunjoyo sepanjang 200 meter. Secara teknis pemasangannya, botol satu dengan lainnya diikat kemudian ditutup semen sampai tidak nampak dari luar. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sampah, pengelolaan sampah, kelola sampah, emcl, klhk



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more