19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |   13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

71 Madrasah dan Sekolah Swasta Dapat Hibah Fisik Prasarana

bloktuban.com | Wednesday, 18 November 2020 10:00

71 Madrasah dan Sekolah Swasta Dapat Hibah Fisik Prasarana

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Peningkatan fisik prasarana di madrasah dan sekolah swasta di Kabupaten Tuban masih getol dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Pada tahun 2020 ini, ada 71 lembaga yang mendapatkan hibah.

Bupati Tuban, Fathul Huda menyampikan, penyaluran bantuan hibah memerlukan proses yang panjang. Mulai dari tahap pengajuan proposal, pemeriksaan administrasi, peninjauan lapangan, pembahasan, dan penetapan. Penyaluran tersebut menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di kabupaten Tuban melalui sektor pendidikan.

Lebih lanjut, pembangunan di kabupaten Tuban selaras antara infrastruktur dan suprastruktur. Keduanya merupakan elemen yang saling bertaut dan tidak bisa dipisahkan.

“Pembangunan harus seimbang, serasi dan terpadu,” ungkapnya, Rabu (18/11/2020).

Selain melibatkan pemerintah daerah, lanjut Bupati dua periode, pembangunan suprastruktur harus didukung pula elemen di dalamnya, yaitu guru dan tenaga pendidik. Tenaga pengajar harus memiliki kecerdasan intelektual tapi juga kecerdasan emosional dan spiritual.

“Guru harus menjadi uswah (teladan), tidak hanya sekedar memberikan contoh,” serunya.

Bupati asal Montong juga meminta pendidik untuk meniru sifat air yang penuh kelembutan. Dengan berperilaku lembut akan membentuk empati, toleransi, dan saling menghormati.

Orang nomor satu di Bumi Wali menyatakan sektor pendidikan memiliki peran penting untuk membentuk karakter generasi muda. Pendidikan yang diajarkan mencakup moral, karakter, dan ilmu terapan. Pendidikan yang mencakup moral dan ilmu pengetahuan akan membentuk generasi penerus terdidik dan bermoral.

Bupati yang juga Mustasyar PCNU Tuan ini menyampaikan terima kasihnya pada guru dan pendidik yang telah berjuang memajukan Kabupaten Tuban di bidang pendidikan selama 10 tahun terakhir.

"Saya juga memohon maaf jika dalam memimpin masih terdapat kekurangan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Tuban, Nur Khamid dalam laporannya menyebutkan bantuan hibah yang diserahkan berasal dari P-APBD Kabupaten Tuban tahun 2020. Bantuan diserahkan untuk lembaga pendidikan swasta mulai dari tingkat TK/RA sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Diniyah.

Lembaga pendidikan yang menerima bantuan hibah diantaranya 31 lembaga PAUD/TK/RA; 25 lembaga SD/MI, 8 lembaga SMP/MTS dan 3 lembaga SMA/MA/SMK dan 2 Madrasah Diniyah. Besaran bantuan yang diserahkan mulai dari 35 - 100 juta rupiah.

"Total anggaran mencapai 3,385 milyar rupiah untuk 71 lembaga," katanya.

Dispendik Tuban telah menyalurkan bantuan hibah sejak tahun 2012. Tercatat hingga tahun 2020 sebanyak 935 lembaga di kabupaten Tuban telah menerima bantuan hibah. Total anggaran yang telah disalurkan sampai dengan 2020 mencapai Rp41 miliar. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : hibah, dana, sekolah, madrasah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more