Bupati Huda Minta Koperasi Bubar?

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Di Kabupaten Tuban telah terbentuk Koperasi Sekunder Bushido Nusantara. Koperasi ini terbentuk di masa terakhir kepemimpinan Bupati Tuban, Fathul Huda. 

Bupati Huda menilai koperasi tersebut adalah yang paling luwes diterapkan di masyarakat. Bisa diikuti oleh orang yang status ekonominya paling rendah dan status ekonominya menengah keatas.

"Kalau koperasi berubah menjadi perbankan bubar saja, karena koperasi harus menyangga yang lemah, tidak harus seperti perbankan yang memiliki banyak persyaratan dan koperasi menjadi sumber penunjang pertumbuhan ekonomi yang paling banyak," terang Bupati Huda saat membuka sosialisasi pembentukan Koperasi Primer oleh Koperasi Sekunder Bushido Nusantara di Pendopo Krido Manunggal, Senin (16/11/2020). 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustian dan Perdagangan Kabupaten Tuban, Agus Wiyaja saat dikonfirmasi menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan, karena saat ini sudah lebih dari 2000 koperasi di kabupaten sudah terbentuk.

Untuk memenuhi kebutuhan retail masyarakat yang ada, harapannya seluruh desa kelurahan bisa terfasilitasi dengan koperasi.

"Kita akan lakukan pembinaan dan pembentukan secara teknis Koperasi Bushido Primer di masing-masing desa, dan untuk jumlah mungkin akan bisa berkembang karena melihat potensi dan antusias masyarakat," tegas Agus.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang perkoperasian untuk calon anggota Koperasi Primer Bushido Nusantara di Kabupaten Tuban. 

Selain itu juga memberikan motivasi untuk masyarakat secara luas, menumbuhkan jiwa enterpreneur, memberikan pengetahuan dan wawasan tentang metode pengembangan ekonomi di bidang perkoperasian, memperluas jaringan masyarakat di Kabupaten Tuban. [ali/col]