17:00 . 6 Jenis Pohon Ini Ditanam di Pantai Semilir   |   16:00 . Tak Segan Putus Kontrak Supplier Jika Pasok Beras BPNT Jelek   |   15:00 . Tiga Bulan Pertama 2021, BMKG Ingatkan Ada Multi Resiko Bencana   |   11:00 . Kepergok Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Push Up   |   07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |   11:00 . Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos   |   10:00 . Dukung Penunjukan Calon Kapolri, FKUB Tuban: Ini Wujud Kebhinekaan di Indonesia   |   09:00 . Diduga Peras Kades Oknum LSM Disikat Polisi   |   08:00 . Nenek di Tuban Tak Dapat Cairkan BPNT Karena Diputus Kemensos   |   07:00 . Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil   |   17:00 . Pemkab Tuban Minta Supermarket dan Restoran Tutup Jam 9 Malam   |  
Sun, 17 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Petani Demo Kantor Dinas Pertanian Minta Transparansi Pupuk Subsidi

bloktuban.com | Thursday, 12 November 2020 13:00

Petani Demo Kantor Dinas Pertanian Minta Transparansi Pupuk Subsidi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah petani dari Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak mendemo Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban. Mereka demo karena sulitnya mendapatkan pupuk subsidi, Kamis (12/11/2020). 

Massa tiba di Kantor DPKP pukul 10.10 Wib menggukan tossa dan lainnya mengendarai sepeda motot. Aksi mendapat pengawalan ketat dari puluhan personel Polres Tuban. 

Selama pendemo menyuaraka01n aspirasinya, Kepala DPKP Tuban, Murtadji bersama stafnya mendengarkan orasi dari korlap. 

Dalam orasinya massa meminta diberikan pupuk subsidi oleh Pemerintah Kabupaten, jika tidak diberikan mereka mengancam tidak membubarkan diri. 

Korlap Petani Koro, Abdur Rocim dalam orasinya mengatakan petani seharusnya diberi trasnparansi oleh Pemkab soal jumlah pupuk ke desa. Sekaligus kapan jadwal distribusinya. Petani menilai Pemkab melimpahkan semuanya ke distributor. 

"Sekarang semua kios di Tuban kosong. Silakan dicek, khususnya kios di Koro. Sekarang di Koro memasuki masa pemupukan tanaman," ucap Rokim. 

Rokim juga menyinggung maraknya pupuk dengan kualitas rendah. Diduga kuat ada mafia pupuk yang mempermainkan harga pupuk. 

Mestinya petani diberi edukasi oleh Pemkab, supaya tidak terus bergantung pada pupuk kimia. Banyak warga Koro yang akan berangkat demo, tapi mendapat intimidasi beberapa pihak supaya tidak berangkat. 

"Jaminan apa kalau petani tidak demo. Apakah menunggu truk distribusi pupuk dihadang berkali-kali," tegasnya. 

Kepala DPKP Tuban, Murtadji menanggapi aksi massa. Kedatangan petani sangat membantu intansinya. Dia mengajak perwakilan petani Koro untuk membuat surat ke Menteri Pertanian, kemudian akan diketahui oleh Dinas Pertanian. 

"Dengan cara itu, petani Koro akan menjadi pahlawan Kabupaten Tuban," sambungnya. 

Untuk tahun 2020 jumlah alokasi pupuk bersubsidi pada realokasi ke II sebanyak 134,735 ton. Dengan rincian 51,566 ton pupuk Urea, 7.068 ton pupuk SP36, 36.777 ton pupuk NPK, 10.798 ton pupuk ZA dan 28.526 ton pupuk Organik.

Sedangkan, alokasi pupuk bersubsidi pada tahun 2019 lalu, hanya berjumlah 133.488 ton dengan rincian 54.110 ton pupuk Urea, 9.834 ton pupuk SP36, 28.942 ton pupuk NPK, 8.011 ton pupuk ZA, 32.591 ton pupuk Organik. 

"DPKP juga telah berjuang atas petani pesanggem dan sekitar hutan. Di Jawa Timur hanya Tuban dan Tulungagung yang dapat pupuk tambahan," terang mantan Camat Bancar. 

Tak puas dengan tanggapan DPKP, petani kemudian mengajak Murtadji ke gudang Distributor CB Prayoga di Jalan Letda Soecipto Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Petani, demo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more