07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |   11:00 . Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos   |   10:00 . Dukung Penunjukan Calon Kapolri, FKUB Tuban: Ini Wujud Kebhinekaan di Indonesia   |   09:00 . Diduga Peras Kades Oknum LSM Disikat Polisi   |   08:00 . Nenek di Tuban Tak Dapat Cairkan BPNT Karena Diputus Kemensos   |   07:00 . Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil   |   17:00 . Pemkab Tuban Minta Supermarket dan Restoran Tutup Jam 9 Malam   |   16:00 . Pemkab Tuban Bentuk Tim Pemakaman Covid-19 Tingkat Kecamatan   |   15:00 . Banjir Sepekan di Plumpang, Ratusan Hektare Padi dan Jalan Terendam   |   14:00 . Pagawai Positif Covid-19, Samsat Payment Poin Kerek Lockdown   |   13:00 . Jika Perahu Seberangan Sepi, Pemilik Berinisiatif Buat Tempat Ngopi   |  
Sat, 16 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bupati akan Kembangkan Ternak Bebek Bagi Warga Kurang Mampu

bloktuban.com | Saturday, 07 November 2020 08:00

Bupati akan Kembangkan Ternak Bebek Bagi Warga Kurang Mampu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah berhasil mengembangkan peternakan sapi hingga mendapat penghargaan dari Pemprov Jatim, kini Bupati Tuban Fathul Huda akan mengembangkan peternakan bebek untuk warga dengan ekonomi kurang mampu, Sabtu (7/11/2020).

Program tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintahannya untuk peningkatan kesejahteraan warganya. Oleh karena itu potensi alam akan dikelola dengan baik, agar bisa menjadi penghidupan masyarakat.

"Ternak bebek memiliki prospek bagus, dapat menciptakan peluang kerja, dan modalnya tidak terlalu banyak," ucap Bupati Huda saat meninjau peternakan bebek di Desa Tunah dan Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding.

Pada kunjungan tersebut Bupati Tuban dua periode ini didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Tuban, M. Amenan. Mereka sempat melakukan dialog dengan peternak bebek. 

Pemkab Tuban berupaya mengembangkan peluang tersebut bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah untuk berternak bebek.

 “Jadi dapat dikembangkan untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Pengembangan ternak bebek memiliki keunggulan. Selain relatif lebih tahan penyakit, kotorannya tidak mengganggu lingkungan karena tidak mengundang lalat. 

Diinstruksikan kepada Diskanak dan Diskoperindag, untuk berkoordinasi kaitannya dengan pengembangan ternak bebek tersebut.  Sejumlah kendala yang perlu diatasi salah satunya adalah belum terdapatnya pasar khusus untuk menampung telur hasil ternak bebek di Kabupaten Tuban. 

“Jika sudah ada pasar khusus, peternak bebek tidak perlu bingung untuk menjual telur hasil ternaknya,” tuturnya. 

Di samping itu, Pemkab Tuban juga akan melakukan pembinaan dan membantu permodalan bagi peternak bebek. 

Sementara itu, Kepala Diskannak Tuban, Amenan mengatakan setiap bulannya peternak mampu menjual telur bebek antara 350-500 butir. Rata-rata satu butir telur bebek mentah dijual dengan harga 1.700 rupiah, sedangkan untuk telur bebek asin siap makan dijual seharga 2.000 rupiah.

“Peternak biasanya menjual telur kepada pengepul, di pasar tradisional, dan objek wisata,” jelasnya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan potensi wilayah pengembangan. Sejumlah pertimbangan dilakukan Diskanak sebelum menentukan wilayah pengembangan ini, diantaranya jauh dari pemukiman penduduk, dan memiliki suhu yang tepat. 

Hingga bulan November 2020, terdapat 18 kelompok peternak bebek di Kabupaten Tuban. Pada tahun 2021 Diskannak akan melakukan pembinaan dan memberikan bantuan kepada 8 kelompok peternak bebek.

Dalam kegiatan yang juga diikuti oleh Camat Semanding Danarji dan Kepala Desa bersama perangkat desa itu, Amenan mengatakan, selanjutnya dilakukan pemetaan dan pengelolaan pasar penjualan. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bupati, tuban, bebek, ternak, warga, dinskannak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more