Gus Maya Blusukan Temui Ibu-Ibu Dalwo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Calon Wakil Bupati (Cawabup) R.M. Armaya Mangkunegara, blusukan ke wilayah sudut desa Kecamatan Soko. Tepatnya di Dusun Dalwo, Desa Prambontergayang.

Cawabup nomor urut 3 pada Pilkada Tuban ini juga didampingi oleh Sekretaris DPC Gerindra Tuban, Lutfi Firmansyah beserta tim, dengan menyapa ibu-ibu setempat yang mayoritas masyarakatnya berpencaharian petani.

Dalam perkenalkannya, Cawabup yang akrab disapa Gus Maya ini mendengar keluhan petani. Yang tak lain dan tak bukan ialah tentang pupuk dan hasil panen.

Gus Maya menyadari, bahwa persoalan pada sektor pertanian sungguh membuat gemas petani. Bagaimana tidak? Kelangkaan pupuk yang terlalu sering. Jikapun ada, harganya membumbung begitu tinggi, disisi lain juga produk pertanian yang dihargai rendah ketika musim panen tiba.

"Masalah pupuk, Setia-Negara punya program Tuban Agro," kata Gus Maya di tengah ibu-ibu petani, Jumat (30/1/2020) sore.

Dijelaskan lagi, agar masyarakat petani di Kabupaten Tuban tak kesulitan ketersediaan pupuk, bakal dibentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Lumbung Pangan.

Tujuannya, agar pemerintah juga andil dalam kontrol stok pupuk dan menjaga kestabilan harganya. Mengingat, sering dijumpai pula ketika stok pupuk minim dibarengi dengan harga yang mahal.

"Itu terjadi karena dari pemerintah kurang kontrol. Diserahkan ke swasta, pemerintah kurang kontrol, akhirnya petani yang dirugikan," tandasnya.

Begitu juga dengan masa panen. Pemerintah ikut mengkontrol, agar saat petani panen penjualannya harus diatur dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Jangan sampai dipermainkan oleh pemborong yang tak bertanggungjawab. [feb/ito]