Bupati Resmikan Alun-Alun Desa Karangagung

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda meresmikan Alun-Alun Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Selasa (27/10/2020). Peresmian ini disaksikan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tuban, Camat dan Forkopimka Palang, serta Kepala Desa dan perangkat desa setempat. 

Pembangunan ini, menurut Bupati Tuban, Fathul Huda menjadi salah satu wujud kepedulian dan keberhasilan Kepala Desa, perangkat desa, dan dukungan warga Karangagung. Keberadaan Alun-alun Desa Karangagung memiliki multifungsi. Selain menjadi lokasi rekreasi, juga mampu menciptakan lapangan kerja baru sekaligus menggerakkan ekonomi warga. 

“Karenanya, dapat dicontohkan desa lain di Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Desa menjadi ujung tombak pembangunan daerah. Potensi tiap desa harus dioptimalkan guna mendukung pembangunan di Bumi Wali. 

Pemkab Tuban terus memberi perhatian pada pembangunan desa. Di antaranya, meningkatkan kesejahteraan Kepala Desa dan perangkat desa, mendaftarkan perangkat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didanai APBDes.

"Kabupaten Tuban menjadi yang pertama mendaftarkan perangkat desanya yang didanai APBDes," jelasnya. 

Tidak hanya itu, Pemkab Tuban berkomitmen mencairkan Dana Desa di awal tahun dengan tujuan mempercepat upaya membangun desa sehingga perputaran uang di desa terjadi lebih awal.

Lebih lanjut, Pemkab juga terus meningkatkan infrastruktur jalan poros desa maupun kabupaten, dengan tujuan memudahkan mobilitas masyarakat dan memaksimalkan pergerakan perekonomian masyarakat.

Bupati dua periode ini menyampaikan terima kepada masyarakat kabupaten Tuban yang telah mendukung Pemerintah Daerah. Kerukunan antar masyarakat terjaga yang ditunjukkan dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama mencapai poin 80, lebih tinggi dari standar Nasional. 

Sementara itu, Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto, S.IP., menyebutkan pembangunan Alun-alun Desa Karangagung beserta kelengkapannya menelan biaya kurang lebih Rp2 miliar yang bersumber dari Dana Desa Karangagung. 

Aji menambahkan pembangunan Alun-alun diharapkan menjadi ikon desa, yang menggambarkan mayoritas warga berprofesi menjadi nelayan. Selain itu, mampu meningkatkan ekonomi warga desa. 

“Kami sampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Bupati. Ini menjadi kebanggaan bagi kami,” pungkasnya. [ali/col]