Menteri Abdul Halim Iskandar dan Ida Fauziah Kunjungi Tuban, Serahkan Bantuan program PJS

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI), Ida Fauziah dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Kunjungan itu dalam rangka menyerahkan Bantuan serta peletakan batu pertama Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Padat Karya Sanitasi Lingkungan dengan kerja sama antara Kemenaker RI dan Kemendes PDTT RI.

"Kami Menaker kerja sama dengan Menteri Desa memulai program jaring pengaman sosial untuk pembangunan sanitasi lingkungan di desa-desa, makannya kerja samanya dengan Pak Mendes," terang Ida Fauziah usai peletakan batu pertama pembangunan MCK.

Ida menambahkan, dengan program ini Kemenaker RI bersama Kemendes PDTT RI akan membangun sebanyak 1000 Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan pengadaan sanitasi air bersih diseluruh Indonesia.

Mudah-mudahan, program JPS ini bisa bermanfaat bagi masyarakat desa dan juga bisa memberdayakan teman-teman pekerja yang di PHK maupun dirumahkan akibat dampak pandemi Covid-19. "Mudah-mudahan program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat desa," imbuhnya.'

Sementara itu Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar menyampaikan program JPS dari Kemenaker RI ini melengkapi dari program-program JPS dari kementrian yang lain seperti halnya program Bantuan Sosial Tunai (BST), BLT, dan program padat karya infrastruktur.

"Semua itu tentu sangat dibutuhkan oleh seluruh warga desa. Kami mengucapkan terima kasih, karena Kemenaker telah menyempurnakan program jalin pengaman sosial yang ada di desa," pungkas Gus Menteri sapaanya.

Sekadar diketahui, dalam kunjungan di Desa Pandan itu turut hadir Sekjen Kemenaker RI, Dirjen, Staf Khusus Kementrian, Wakil Bupati Tuban H. Noor Nahar Hussein, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, M. Miyadi serta perwakilan Polres, Kodim 0811 Tuban dan Forkopimka Kecamatan Soko. [hud/rom]