17:00 . Pertamina MoU dengan Kejaksaan di Jatimbalinus untuk Kawal Proyek Strategis Nasional   |   15:00 . Dengan Khataman dan Tumpengan, blokTuban.com Resmi Tempati Kantor Baru   |   14:00 . Tugas FKUB Rawat Toleransi   |   13:00 . Bupati Huda Target Graha Dwidja PGRI Telurkan Program Pendidikan   |   12:00 . Bawaslu Temukan 33 Napi Belum Masuk DPT, Ini Penjelasan KPU   |   07:00 . Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Sperma Encer dan Solusinya   |   17:00 . Operasi Yustisi 33 di Grabagan, Pelanggar Prokes Disidang   |   15:00 . Bawaslu Beber Potensi Kerawanan Pilkada 2020   |   14:00 . Kesetrum Jebakan Tikus, Warga Sembungrejo Ditemukan Meninggal Dunia   |   13:00 . Sempat Kejar-kejaran, Selep Padi Keliling Disita Satpol PP   |   12:00 . Biaya Mengobati Covid-19 Mahal, Mencegah Jauh Lebih Murah   |   11:00 . Kultur Anti Suap di SKK Migas Melalui SMAP   |   07:00 . Tubuh Semakin Lelah Setelah Tidur Siang, Apa Penyebabnya?   |   18:00 . Vaksinolog: Selain Vaksin, Disiplin 3M Efektif Cegah Penularan Covid-19   |   17:00 . CSR Kilang Tuban Cakup Penghijauan, Asuransi Nelayan dan Fasilitas Ibadah   |  
Wed, 25 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 22 October 2020 08:00

Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral

Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com - Indikasi banyaknya pendamping program sosial, salah satunya pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak netral, membuat Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) angkat bicara.

Plt Kepala Dinsos P3A Joko Sarwono mengancam akan memberikan sanki tegas jika ada pendamping atau SDM lain di dalam program sosial yang menyimpang.

‘’Saya sudah beri arahan sesuai kode etik mereka dan korkab saya tugasi untuk melakukan monitoring ke masing-masing korcamnya,’’ ujar Joko Sarwono, Kamis (22/10/2020).

Sebelumnya, lanjut Joko, saat kasus dugaan penyimpanganyag dilakukan sjeumlah pendampingf PKH di sejumlah kecamatan itu, pihaknya menghubungi korkab. Dia minta untuk  seluruh SDM PKH dikumpulkan. 

‘’Saya minta mereka ya tentunya sesuai rel tugasnya dalam bekerja,’’ tambahnya.

Bahkan, Asisten 1 pemkab ini juga berniat membuat surat edaran (SE) untuk semua SDM yang ada di dinas yang dia pimpin. Isinya di antaranya tentu tentang kode etik dan bagaimana para SDM dinas ini bersikap dalam pilkada.

‘’SE belum saya buat. Tentunya kalau ada yang melanggar sanksinya sesuai ketentuan yang ada,’’ katanya.

Sementara Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Arif Hidayatullah mengatakan, akan mengawasi korcamnya sesuai dengan arahan Dinsos P3A. Dia juga mengakui kalau ada yang menyimpang sanksi tegas menunggu.

‘’Aturannya memang demikian,’’ ungkapnya.

Sekadar diketahui, korcam dan pendamping PKH di sejumlah kecamatan diduga menyimpang dan melampauai kewenangannya. Sebab, para korcam dan pendamping ini mengarahkan para penerima program untuk memilih pasangan tertentu pada pilkada nanti.

Sebagai program sosial yang dibiayai APBN, termasuk gaji para korcam dan pendamping adalah dari uang negara, maka tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik tertentu. Sehingga, apa yang dilakukan pendamping dan korcam tersebut bisa masuk pelanggaran dan bisa masuk pidana pemilu.[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bantuansosila, pkh, dinassosial, netral



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more