09:00 . Jasa Penukaran Uang Baru Mulai Marak   |   07:00 . Puasa Harus Tetap Berolahraga, Begini Cara yang Tepat   |   21:00 . 4 Tahun Keberadaan AMSI, Konsisten Wujudkan Ekosistem Digital yang Sehat   |   18:00 . Upaya Penanganan Kebocoran Pipa oleh Pertamina EP Direspons Positif   |   17:00 . Bulan Ramadan, Pejabat Kantor Kemenag Tuban Silaturrahmi ke Ketua MUI Tuban   |   16:00 . Peluang Bisnis Baju Bekas Bermerek, Bisa Jadi Refrensi Bisnis   |   15:00 . Pakan Sapi Milik Warga Merakurak Terbakar, Penyebab Belum Diketahui   |   12:00 . Tanggulangi Kemiskinan, Puluhan KPM di Grabagan Terima Jaslut   |   11:00 . Kapolres Tuban Serahkan 6 Unit Ranmor Dinas untuk Anggota   |   10:00 . Libatkan Polwan, Polres Tuban Perketat Pemeriksaan di Pintu Masuk Markas   |   09:00 . Safari Ramadan, Ajang Pamit Bupati Fathul Huda   |   07:00 . Tingkat Ekonomi Keluarga Pengaruhi Usia Anak Terpapar Medsos, Kok Bisa?   |   13:00 . Cegah Aksi Balap Liar di Bulan Ramadan, Puluhan Polisi Patroli Sejumlah Titik   |   12:00 . 1.871 KPM di Jenu Cairkan BST Dua Tahap   |   10:00 . Motor Bising, Pelajar Asal Montong Dihukum dengar Suara Knalpot Modifikasi   |  
Tue, 20 April 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban

bloktuban.com | Thursday, 22 October 2020 10:00

Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, menyerahkan paket konverter kit program konversi BBM ke BBG untuk nelayan Kabupaten Tuban.

Penyerahan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tuban, Komisi tujuh (VII) DPR RI, Kepala PPSDM Migas Cepu, serta Perwakilan Pertamina Surabaya  kepada 69 nelayan pesisir di  Mangrove Center Tuban, Rabu (21/102020).

Kepala PPSDM Migas Cepu, Wahid Hasyim menjelaskan, bantuan paket  konversi BBM ke BBG untuk nelayan di Kabupaten Tuban telah diberikan mulai tahun 2016 lalu, dan terus berlangsung hingga tahun ini. Tercatat hingga 2019, sebanyak 1.323 unit paket telah diberikan untuk nelayan kabupaten Tuban.

Tahun ini sebanyak 117 unit yang dibagi menjadi dua bagian, pertama 69 paket untuk nelayan pesisir yang diserahkan hari ini, dan sisanya untuk nelayan air tawar diserahkan Kamis besok. 

“Program bantuan ini adalah program kemitraan antara komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM,” terangnya. 

Awalnya program konversi BBM ke BBG tahun ini akan dialihkan untuk penanganan covid-19, akan tetapi komisi VII meminta agar tetap diberikan ke nelayan, sebab sangat diperlukan dan berdampak langsung pada perekonomian nelayan.

Wahid juga mengatakan program tersebut memang diadakan untuk mendukung program diversifikasi energi dalam rangka mengurangi penggunaan dan subsidi BBM, yang juga dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan. 

“Nelayan mampu menghemat 50 ribu perhari dengan menggunakan alat konversi BBM ke BBG  ini,” paparnya.

Ia juga berpesan agar nelayan merawat dan menggunakan alat konverter kit BBM ke BBG  tersebut dengan baik sehingga bisa dirasakan manfaatnya terlebih untuk peningkatan perekonomian.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan, mengapresiasi Kementerian ESDM yang sangat peka kepada kebutuhan nelayan, begitupun dengan komisi VII DPR RI yang selalu berusaha memperhatikan nasib nelayan. Bupati meminta agar  upaya tersebut terus ditingkatkan untuk menyejahterakan nelayan di Kabupaten Tuban. 

“Disituasi pandemi saat ini, banyak anggaran yang di alihkan ke penanganan covid-19, tapi berkat Komisi VII DPR RI, program ini masih bisa berjalan,” sambung Bupati.

Bantuan alat konverter kit konversi BBM ke BBG tersebut dapat memberikan dampak ekonomi secara langsung kepada para nelayan. Selain itu, Bupati juga berharap hak nelayan lainnya seperti BPNT atau JPS juga bisa diberikan dengan adil.

“Saat ini memang masih proses validasi data kelayakan, dan pasti sesuai dengan aturan, bantuan tersebut akan turun,” tambahnya.

Masih ditempat yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari mengungkapkan, jika program tersebut terbukti berdampak secara langsung bagi perekonomian nelayan, apalagi di masa pandemi covid-19.  “Atas alasan ini lah kami meminta agar program bantuan ini tetap harus diberikan, dan kami berterima kasih kepada Kementerian ESDM,” kata politisi yang akrab disapa Iya ini.

Ratna juga meminta agar di tahun 2021, setelah bantuan konverter kit Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Tuban selesai, akan diteruskan ke jenis bantuan lainnya seperti cold storage atau container bertenaga surya yang saat ini dikembangkan oleh Kementerian ESDM.

“Kita aminkan bareng- bareng, semoga terealisasi di tahun depan,” kata Ratna.

Politisi PKB juga menyinggung masalah peran strategis Kabupaten Tuban dalam perekonomian nasional yang harus diperhitungkan. Saat ini Tuban telah masuk dalam daerah proyek strategis nasional dan harus mendapatkan perhatian khusus. Dengan adanya proyek pembangunan kilang baru Pertamina New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, untuk penyokong  aktifitas Kilang Minyak Tuban nantinya, harus didukung dengan adanya peningkatan infrastruktur seperti Jalan Tol.

“Jika Kilang Minyak sudah beroperasi, saya yakin jalan di tuban pasti tidak akan muat untuk beban lalu lintas yang ada, jadi kami meminta hal ini diperhitungkan,” tutupnya. [ali/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Converter, kit



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 19 April 2021 09:00

    Safari Ramadan, Ajang Pamit Bupati Fathul Huda

    Safari Ramadan, Ajang Pamit Bupati Fathul Huda Pemerintah Kabupaten Tuban di bawah kepemimpinan Bupati Fathul Huda dan Wakil Bupati Noor Nahar Hussein atau biasa dikenal dengan Huda-Noor akan segera mengakhiri masa jabatan di periode keduanya bulan Juni...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more