Masyarakat Tuban Mulai Sadar Pentingnya Pakai Masker

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat di Kabupaten Tuban terus diminta untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan, meskipun Tuban berstatus zona kuning atau risiko rendah sebaran Covid-19.

Pendisiplinan terhadap pelanggar protokol kesehatan di Kabupaten Tuban terus dilakukan oleh petugas. Seperti kali ini, Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan dilaksanakan di Kecamatan Kenduruan, dipimpin langsung oleh Kapolsek Kenduruan AKP Budi Handoyo, Rabu (21/10/2020).

Kurang lebih 50 personel gabungan TNI, Polri dan Satpol PP juga menghadirkan Penyidik Polres Tuban dan JPU Kejari Tuban serta Hakim Pengadilan Negeri Tuban beraksi hari ini.

Kegiatan mulai pukul 09.00 WIB berjalan lancar. Tampak, banyak pengendara R2 maupun R4 yang melewati sepanjang jalan Raya Blora sudah tertib menggunakan masker. Meskipun begitu tetap saja ada beberapa pelanggar protokol kesehatan yang tidak menggunakan masker, sebanyak 11 orang terjaring dalam Operasi Penegakan Protokol Kesehatan ini.

"Ini merupakan pelanggar protokol paling sedikit di antara 14 kecamatan yang sudah dilaksanakan Ops Yustisi," Ucap Kapolsek Budi Handoyo.

Kegiatan Operasi Yustisi ini akan dilaksanakan terus secara berkelanjutan di tempat yang berbeda, dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan guna menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini merupakan angin segar bagi seluruh elemen masyarakat, karena sekarang masyarakat sudah banyak yang sadar akan pentingnya masker bagi setiap aktivitas. Mari jaga diri kita dan keluarga kita dengan tetap mematuhi 3M dalam setiap aktivitas

"Maskermu Melindungiku, Maskermu Melindungiku," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban, Endah Nurul berpesan kepada seluruh masyarakat untuk disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes). Karena kalau tidak, kita bisa kembali lagi ke zona orange bahkan merah.

"Tetapi kalau semua disiplin, semoga setelah kuning bisa menuju hijau," harap Endah.

Dengan menerapkan protokol kesehatan telah terbukti efektif mengurangi penularan virus. Mulai dengan memakai masker dengan benar, rajin mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, menjaga jarak aman, hindari kerumunan, mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga. [ali/col]