Tuban Masuk Zona Kuning, Tetap Disiplin Prokes

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Perkembangan sebaran virus Covid-19 di Kabupaten Tuban mulai melandai. Meskipun angka corona mendekati 600 kasus, tapi sekarang Tuban telah memasuki zona kuning atau resiko rendah.

"Iya, saat ini Tuban zona kuning dari sebelumnya zona orange atau resiko sedang," ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban, Endah Nurul K. kepada blokTuban.com, Selasa (20/10/2020).

Endah yang juga juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, tetap berpesan kepada seluruh masyarakat untuk disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes). Karena kalau tidak, kita bisa kembali lagi ke orange bahkan merah.

"Tetapi kalau semua disiplin, semoga setelah kuning bisa menuju hijau," harap Endah.

Peta sebaran corona per tanggal 19/10/2020, jam 12.00 WIB untuk kontak erat baru ada 19 orang, suspek baru 0 orang, dan konfirm baru 1 orang. Total kumulatif kontak erat 2621 orang, suspek 838 orang, dan konfirm 590 orang.

Sementara yang masih di pantau suspek yang masih di pantau di Rumah Sakit 5 orang, di rumah 0 orang. Konfirm sembuh 471 orang, konfirm meninggal 69 orang.

Konfirm masih di rawat 50 orang di RSUD Koesma 10 orang, RSUD Bojonegoro 5 orang, RSNU 2, RS Medika 1 orang, RS Aisyiyah 2 orang, RSML 1 orang, RS dr.Soetomo 2 orang, di rumah isolasi 5 orang, di rumah 22 orang.

Sebagaimana diketahui, dengan menerapkan protokol kesehatan telah terbukti efektif mengurangi penularan virus. Mulai dengan memakai masker dengan benar, rajin mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, menjaga jarak aman, hindari kerumunan, mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga. [ali/ito]