07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   17:00 . Puskemas Targetkan Vaksinasi AstraZeneca di Kecamatan Soko 70%   |   16:00 . Teken MoU Dengan Sejumlah Instansi, Bupati Resmikan Operasi MPP Tuban   |   15:00 . Ratusan Warga Desa Rahayu Divaksin Astra Zenica   |   14:00 . Cukup 1 Jam Bikin Hidupmu Adaptif dan Produktif   |   13:00 . Pertamina Terminal LPG Bantu Ambulance dan Bangun Masjid di Jenu   |   12:00 . Pembantu Pasien Covid-19 Varian India Pulang ke-Singgahan Dalam Keadaan Sakit   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   19:00 . Warga Bersama TNI Koramil Bangilan Kerja Bakti Perbaiki Saluran Air   |   18:00 . Meski Pandemi, Antusias Perajin Uleg-Uleg di Kendalrejo Tetap Tinggi   |   15:00 . Google News Initiative - AMSI Berikan Pelatihan untuk Media Siber Skala Kecil dan Menengah   |   14:00 . Terjaring Operasi Balap Liar, Seorang Ibu Marahi Anaknya di Kantor Polisi   |   13:00 . Motor Balap Liar Dibongkar di Polres, Harus Keadaan Standar Baru Boleh Keluar   |   09:00 . Jelang Peringatan HANI 2021, BNNK Tuban Canangkan Desa Socorejo Sebagai Desa Bersinar   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan

bloktuban.com | Monday, 19 October 2020 19:00

Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Di bawah tekanan pandemi Covid-19, PT Pertamina EP hadir di tengah masyarakat pesisir Teluk Kaba yang mayoritas penghasil rumput laut. Untuk menjaga stabilitas ekonomi, anak perusahan PT Pertamina (Persero) itu melakukan inovasi, yaitu melatih kelompok usaha perempuan untuk memanfaatkan potensi daerahnya. 

Sudah tak asing lagi, salah satu makanan khas bumi Borneo yakni amplang. Cemilan berbahan dasar ikan itu bisa ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Kalimantan Timur. Meski menggunakan ikan, amplang dapat dikreasikan dengan bahan pangan lainnya, seperti cumi, udang, dan kepiting. 

Untuk itu Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah SKK Migas tersebut melakukan inovasi lain, yaitu memanfaatkan potensi daerah pesisir Teluk Kaba yang mayoritas penghasil rumput laut. Mereka (kelompok usaha perempuan, red) dilatih membuat amplang dengan bahan rumput laut. 

Bertempat di wilayah kerja Pertamina EP di Kalimantan, Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field (PEP Sangatta Field) bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Kutai (Balai TN Kutai), Desa Teluk Singkama pelatihan ini diikuti oleh kelompok usaha perempuan Teluk Kaba Mandiri. 

Bertindak sebagai pelatih, Ibu Suratin yang jauh lebih dulu memproduksi amplang, mengajarkan cara pembuatan amplang kepada sembilan orang anggota kelompok Teluk Kaba Mandiri. 

Pelatihan dimulai dengan terlebih dulu memaparkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan amplang rumput laut. Setelah dirasa cukup, kelompok mulai mengikuti arahan Ibu Suratin dalam mempraktikan membuat amplang dimulai dengan membuat adonan terlebih dahulu.

Tidak butuh lama setelah adonan jadi, dilanjutkan dengan proses penggorengan amplang selama 30 menit diaduk tanpa henti. 

Pelatihan berjalan dengan efisien, karena masing-masing anggota aktif berperan dalam pembuatan amplang ini. Mereka merasa bersemangat, karena kali pertama mereka memproduksi amplang dan akan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Teluk Kaba, Kutai Timur.

“Terimakasih kami ucapkan kepada pihak Pertamina EP dan Balai Taman Nasional Kutai yang telah memberi pelatihan ini, dan kedepannya juga akan mendampingi kami dalam memproduksi amplang rumput laut ini,” ungkap Ibu Saharuddin selaku ketua kelompok usaha perempuan Teluk Kaba Mandiri.

Perlu diketahui, Dusun Pantai berada di Pesisir Teluk Kaba, Desa Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur. 

Masyarakat Dusun Pantai hidup berdampingan dengan Kawasan Taman Nasional Kutai. Sampai saat ini menurut informasi dari Kepala Dusun Saharudin, ada sebanyak 13 kepala keluarga yang mendiami Pesisir Teluk Kaba.

Akses jalan menuju Dusun Pantai terbilang cukup sulit, namun banyak potensi di daerah tersebut. Potensi wisata yang bisa dikembangkan antara lain wisata snorkeling dan wisata mancing. Selain itu potensi wisata terdapat potensi pengembangan usaha budidaya rumput serta usaha olahan ikan.

Eko Agus Sardjono, Direktur Utama PT Pertamina EP, berujar Sangatta Field bersama dengan Balai TN Kutai telah dan sedang menjalankan beberapa program pemberdayaan di daerah tersebut. Di antaranya, bantuan sarana air bersih, bantuan peralatan untuk pengembangan usaha budidaya rumput laut dan pendampingan usaha amplang rumput laut. 

"Kegiatan pemberdayaan tersebut dilaksanakan sebagai wujud tanggung-jawab dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," tutupnya. [rof/col]

Tag : Pertamina, pelatihan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more