07:00 . Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?   |   22:00 . Bupati Huda Serahkan Alsistan   |   21:00 . BMKG Rilis Peringatan Dini Jatim   |   20:00 . Semen dari Pabrik Tuban Bisa Dikirim Lewat Stasiun Babat   |   20:00 . Proyek Revamping dan Olefin TPPI Didukung Komisi VII DPR RI   |   19:00 . Adakan Sidang Isbat Nikah Massal, Ini Tujuan Bupati Huda   |   18:00 . Kapolres Tuban: Akhir Tahun Dipastikan Belum Bisa Dilalui Roda 4   |   17:00 . Serco Asia Pasifik Gandeng BUMD PT RSM Tandatangani Kerjasama Bangun RS Internasional di Tuban   |   16:00 . Kekeringan Teratasi, Panen jadi Lebih Cepat   |   15:00 . Terdakwa Kasus Penodaan Agama Islam di Group Facebook Jalani Sidang Online   |   14:00 . Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang   |   13:00 . Kapolres Cek Logistik Pilkada Tuban   |   09:00 . Disiplin Prokes Kurang Sebabkan Kasus Covid-19 Tuban Naik   |   08:00 . Diduga Ngantuk, Truk Trailer Tabrak Pagar dan Teras Warga   |   07:00 . Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya   |  
Fri, 27 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 19 October 2020 11:00

Nasi Pindang Bungkus Daun Jati Khas Pesisir

Nasi Pindang Bungkus Daun Jati Khas Pesisir

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sajian kuliner khas Kabupaten Tuban tidak melulu rajungan dan ikan manyung. Ada nasi pindang dibungkus daun jati yang rasanya maknyus.

Menu nasi pindang ini merupakan sajian unik di Pantai Semilir, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Menu ini tidak bisa dijumpai di tempat lain di Bumi Wali.

Lapak nasi pindang godong jati biasa dikenal, ada di dalam wisata Pantai Semilir. Lokasinya persis berada di Jalan Tuban-Semarang KM.23 atau di sebelah timur pelabuhan khusus semen.

Menu ini tidak setiap hari dijual alias hanya buka pada akhir pekan Sabtu dan Minggu. Itupun mulai pukul 10.00 Wib sampai nasi pindang habis.

Cukup mudah menemukan lapak nasi pindang khas semilir. Tenda lancip berwarna hijau tertulis jelas nasi pindang godong jati dan es kelapa muda.

Para penikmat nasi pindang bisa melahapnya di lokasi, duduk lesehan di papan lebar. Cukup duduk manis di tempat, nasi pindang dan es kelapa muda akan diantarkan oleh pelayan.

Nikmat dan sederhana itu yang menjadikan nasi pindang diburu pelanggannya. Terutama saat jam makan siang. Pengunjung wisata Semilir tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harga per porsinya hanya Rp10 ribu.

Suwandi salah satu pengunjung yang mencicipi kuliner ini asal Kecamatan Bancar mengaku cita rasa nasi pindang sangat khas dengan pesisiran. Pedasnya sedang sesuai selera.

"Enak selain pindang ada cumi, tumis kacang panjang dan pepaya muda," ucapnya.

Lanjut Suwandi, yang membuat nasi pindang ini istimewa karena dibungkus daun jati. Menghadirkan rasa sedap di dalamnya dan dijamin ingin mencobanya kembali.

Selain Suwandi, sedapnya nasi pindang diakui Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim. Perpaduan ikan pindang, cumi, oseng kacang dan pepaya dan tempe khas pesisir tidak mengecewakan.

Untuk lauk menu ini dimasak seperti biasa. Sedangkan untuk nasinya harus didinginkan dulu dengan kadar panas sedang. Perbedaan panas pada nasi sangat mempengaruhi cita rasa.

Wintayah pengelola nasi pindang memutuskan tidak menambah rajungan, supaya menjangkau seluruh kalangan pengunjung. Kalau menu rajungan rata-rata bisa sampai Rp100 ribu. Berbeda dengan nasi pindang ini cukup Rp10 ribu saja.

"Dengan harga segitu kuliner ini bisa menjangkau semua wisatawan," sambung Wintayah kepada blokTuban.com, Minggu (18/10/2020) siang.

Di hari Minggu minimal ada 100 pengunjung yang mencicipi nasi pindang ini. Sedangkan di hari Sabtu maksimal 50 orang. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : nasi pindang, pesisir, kuliner tuban, kuliner bumi wali, bumi wali tuban, pindang, kuliner ikan pindang



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more