07:00 . Tak Hanya Buat Masak, Kayu Manis Ternyata Bisa Menutrisi Rambut   |   00:00 . Kades Berharap Sahabat Pertamina Berlanjut dan Ditingkatkan   |   23:00 . Sinkronisasi Program Sahabat Pertamina, Hadirkan 3 Desa di WIlayah Operasi   |   17:00 . SIG Pasok Beton untuk Konstruksi Lantai Industri   |   16:00 . Pemkab Bantu Air Bersih Tiga Desa di Parengan   |   15:00 . Hadirkan Tiga Paslon, PWI Tuban Gelar Diskusi Politik Pilkada Disiarkan Live Streaming   |   14:00 . EGM Pertamina Cek Layanan MyPertamina di SPBU   |   12:00 . FEATURE: Cerita Wali Kota Batu Betapa Lesunya Wisata Saat Covid-19   |   11:00 . Polisi di Tuban Beri Reward Paket Imun Booster Bagi pengendara Yang Tertib Lalulintas   |   10:00 . Aksi Duta Gemarikan Menjaga Cita-cita Anak Pesisir   |   07:00 . Musim Hujan, Waspadai 4 Penyakit Kulit Berikut   |   09:00 . Menaker RI Berharap Kepala Daerah Ikut Sosialisasikan UU Ciptaker   |   08:00 . Peduli Seniman Setiajit Gelar Wayang Pakeliran Padat   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   21:30 . Arief-Nining Dipercaya Pimpin AMSI Jawa Timur   |  
Tue, 27 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 14 October 2020 09:00

Ada Indikasi Pendamping PKH Tidak Netral dalam Pilkada

Ada Indikasi Pendamping PKH Tidak Netral dalam Pilkada

Reporter : Khoirul Huda 

blokTuban.com - Jelang pilkada 9 Desember nanti ada indikasi pendamping program keluarga harapan (PKH) tidak netral.

Para pendamping program yang dibiayai APBN ini diindikasikan mengarahkan para penerima PKH untuk memilih calon tertentu dalam pilkada nanti. Para pendamping PKH ini membawa lembar daftar isian dari calon tertentu untuk diisi nama-nama penerima PKH tersebut.

Informasi yang diterima, ada beberapa pendamping PKH di kecamatan yang tidak netral tersebut. Di antaranya adalah Kecamatan Tambakboyo, Palang, Widang, Semanding dan juga Kecamatan Tuban.

Dimungkinkan, praktek tersebut juga terjadi di kecamatan-kecamatan lain. Sebab, informasi yang berkembang, gerakan mengarahkan dukungan ke salah satu pasangan calon itu atas sepengetahuan Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH. 

Bahkan, Dinas Sosial, Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) juga disebut-sebut mengetahui hal ini. Namun, sejauh ini dibiarkan saja.

Yuyun Koordinator Kecamatan (Korcam) PKH Kecamatan Tambakboyo salah satu pendamping PKH yang disebut-sebut mengarahkan dukungan para penerima PKH di wilayah yang dia damping mengelak saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan, tidak mengarahkan dukungan para penerima PKH itu pada calon tertentu. Meski dalam informasi yang ada, ditemukan lembaran daftar isian calon pemilih pasangan tertentu dan ada masker bertulisan nama calon dan jargonnya. Pemberi informasi bahkan sempat memotret wajah Yuyun.

‘’Iya benar itu saya, tapi tidak benar ada arahan-arahan itu,’’ elak Yuyun.

Dikonfirmasi terpisah, Korba PKH Tuban Arif Hidayatullah menyatakan tidak benar ada arahan atau mengarahkan para pendamping PKH untuk mengajak penerima program memilih pasangan tertentu tersebut.

‘’Ndak Kang, Korkab ketika mengumpulkan korcam dan pendamping pasti terkait dengan tugas PKH Kang,’’ bantah Arif melalui pesan pendek.

Arif mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada pendataan dan pemutakhiran data keluarga penerima manfaat (KPM).

‘’Saat ini kami sedang fokus memastikan pendamping menuntaskan pemutahiran data KPM, FDS serta persipan resertifikasi KPM midle clas dan menyelesaikan penyaluran BSB,’’ katanya.

Sedang saat ditunjukkan bukti foto yang ditemukan di Tambakboyo, Arif menyatakan jika benar persoalan itu biar ditangani Dinas Sosial P3A.

‘’Nanti biar dipanggil sama dinas. Nuwun infonya njih,’’ tandas Arif.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Tuban Joko Sarwono saat dikonfirmasi dengan tegas menyatakan jika pendamping PKH, korcam dan korkab harus netral. Tidak dibenarkan mereka mengarahkan dukungan ke salah satu calon. Karena menurut Joko hal itu adalah pelanggaran.

‘’Ya ndak boleh Mas, coba nanti saya tak koordinasi dengan korkabnya,’’ jawab Joko Sarwono.

Asisten I pemkab ini juga membantah dia mengetahui pengondisian tersebut dan mendiamkan upaya pendamping mengarahkan dukungan para penerima PKH itu untuk calon tertentu.

‘’Ya yang jelas saya tidak mengarahkan mereka,’’ katanya.

Sementara terkait dengan Korcam PKH tambakboyo yang dilaporkan melakukan pengiringan itu, Joko berjanji akan memanggil yang bersangkutan dan akan diklarifikasi.

‘’Biar kami panggil dulu, kita klarifikasi,’’ janjinya.[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pkh, pendampingpkh, tidaknetral, pilkadatuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more