Harga Bawang Merah dan Putih Merangkak Naik, Cabai Kriting Turun

Reporter: Khoirul Huda

blokTubab com - Harga komoditas kebutuhan bahan pokok di Pasar Baru Kabupaten Tuban pada masa pandemi Covid-19 mulai merangkak naik, Selasa (13/10/2020).

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, harga komoditas yang merangkak naik tersebut diantaranya adalah harga bawang merah dan bawang putih serta harga cabai plompong merah.

"Harga cabai plompong merah, bawang merah dan bawang putih beberapa hari ini naik," terang salah satu pedagang di pasar baru Kabupaten Tuban Rumiyatun.

Menurutnya, untuk saat ini harga cabai plompong merah Rp37 ribu perkilogram, sebelumnya harga cabai plompong merah Rp35 ribu perkilogram.

Kemudian harga bawang merah saat ini Rp30 ribu perkilogram sebelumnya harga bawang merah hanya Rp20 ribu-Rp25 ribu perkilogram. Sedangkan harga bawang putih merangkak naik dari Rp20 ribu perkilogran menjadi Rp22 ribu perkilogram.

"Kurang tau kenapa harga bawang merah dan putih naik, untuk stok barang banyak," imbuhnya.

Sedangkan untuk harga cabai cabai kriting saat ini turun dari Rp30 ribu perkilogram sekarang menjadi Rp27 ribu perkilogram sedangkan untuk cabai rawit merah harganya murah hanya Rp11 ribu perkilogram.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengungkapkan, harga bawang merah memang saat ini mengalami kenaikan sedangkan harga cabai ada yang justru turun.

"Ya harga cabai ada yang turun, bawang merah naik sedikit," kata Agus Wijaya saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Sedangkan untuk penyebabnya, pihak Diskoperindag Tuban masih berupaya untuk mengkonfirmasi apakah karena stok atau pengaruh musim.[hud/ito]