KUBe Jadi Wadah Difabel Kecamatan Soko

 

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Penyandang disabilitas terus dibekali keterampilan khusus demi meningkatkan kesejahteraannya. Program dan kegiatan pun terus dilesakkan. Salah satunya dengan program peningkatan ekonomi yang baru-baru ini telah digagas Exxon Mobil bersama Sikas di area Kecamatan Soko.

Program peningkatan ekonomi berbasis  pemberdayaan itu diwadahi dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBe). Realisasinya ialah pembuatan produksi chief atau tepung moka yang terbuat dari bahan baku singkong.

"Harapannya dapat menambah penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga difabel juga," ujar M. Yasin, Manager Program dari Sikas.

Ditambahkan lagu, KUBe bisa dimaksimalkan untuk sarana diskusi dan silaturahim antara difabel. Untuk menunjang perekonomian, membuka lapangan pekerjaan, serta meningkatkan taraf hidup keluarga penyandang difabel.

Dalam sarasehan warga yang digelar di aula Pendopo Kecamatan Soko, Jumat (9/10/2020) sore lalu. Terbentuklah 2 KUBe, di antaranya KUBe Maju Jaya dan KUBe Barokah.  Dalam 1 KUBe terdapat 2 tempat produksi.

"Berhasil tidaknya program ini, tinggal kemauan dari peserta dan bisa diarahkan oleh Sikas” terang Hastiasih, perwakilan Exxon Mobil sembari memberi semangat kepada para peserta.

Dalam pembentukan KUBe program peningkatan ekonomi penyandang disabilitas se-Kecamatan Soko, diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 6 desa.

Sementara itu, Camat Soko saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai hal itu mengungkapkan dukungan penuh atas program yang dicanangkan khusus bagi penyandang disabilitas.

"Kita dukung penuh program yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas. Kita tetap pantau, agar nantinya program pemberdayaan bisa optimal dan berkelanjutan," ungkap Camat Soko, Sudarto kepada blokTuban.com, Senin (12/10/2020). [feb/col]