17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   13:00 . Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |   09:00 . Bawa Tuntutan Ketenagakerjaan, Warga 3 Desa di Tuban Demo PT. Rekind   |   08:00 . Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral   |   17:00 . Ekspedisi Buat 25 Jalur Panjat, Mahipal Buka Peluang Wisata   |   16:00 . Kasus Kekerasan Perempuan di Tuban Menurun   |   15:00 . Masyarakat Tuban Mulai Sadar Pentingnya Pakai Masker   |   12:00 . Pangdam Brawijaya: Berapa Pun Jumlah Personel Dibutuhkan, TNI Siap   |   09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |  
Thu, 22 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 09 October 2020 17:00

Pemkab Ajukan Rp140 Miliar untuk Kali Kening

Pemkab Ajukan Rp140 Miliar untuk Kali Kening

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kali Kening di kawasan Tuban selatan mulai mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Revitalisasi sungai yang melintasi Kecamatan Jatirogo, Senori, Bangilan, Singgahan, dan Parengan itu telah dibahas dalam rapat koordinasi bersama anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari; Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, Dyah Wahyu Ermawati; perwakilan BBWS Bengawan Solo, serta sejumlah Dinas terkait tingkat Provinsi Jawa Timur.

Selama ini Kali Kening menjadi sumber irigasi pertanian warga sekitar. Ada sejumlah masalah di sungai tersebut, di antaranya hilangnya ketersedian air ketika musim kemarau, dan terjadinya banjir luapan sungai ketika musim hujan. 

Kekeringan di Kali Kening mempengaruhi kualitas tanah di sekitarnya. Selain itu, aliran Kali Kening menjadi sumber irigasi pertanian warga sehingga berdampak pada produktivitas pertanian. Sedangkan banjir yang terjadi akibat luapan sungai di musim hujan mengakibatkan longsor dan kerusakan di rumah penduduk.

“Karenanya perlu diambil tindak lanjut untuk menyikapi sejumlah persoalan tersebut,” ungkap Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut, akan dilakukan kajian ulang mengenai topografi Kali Kening mencakup sepadan sungai, kedalaman, dan aspek lainnya. Di samping itu, disiapkan langkah mitigasi bencana mengantisipasi terjadinya banjir Kali Kening. Sekaligus disusun kebijakan lanjutan yang mengacu pada kajian ilmiah agar pengelolaan Kali Kening mencakup seluruh aspek. 

Pemkab Tuban akan mengambil langkah cepat jika terjadinya banjir luapan kali kening. Rumah warga yang berada di bantaran Kali Kening akan direlokasi ke tempat yang lebih aman. Proses relokasi juga mengacu pada hasil kajian terbaru.

“Warga yang telah direlokasi diimbau agar tidak membangun bangunan di sepanjang tepian Kali Kening yang telah ditetapkan,” sambungnya.

Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari akan menindaklanjuti laporan dari Pemkab Tuban menyoal pengelolaan Kali Kening belum masuk dalam Perpres No 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, Serta Kawasan Selingkar Wilis Dan Lintas Selatan.

Sedangkan kondisi Kali Kening perlu mendapat perhatian khusus dan penanganannya perlu mendapat prioritas mengingat mencakup banyak aspek.

Dia berkoordinasi dengan Pemkab Tuban untuk mendorong stakeholder terkait agar pengelolaan Kali Kening tetap diprioritaskan, meski tidak masuk dalam Perpres. Sehingga revitalisasi kali kening dan pembangunan waduk dapat berjalan. 

Politisi dari Fraksi PKB ini akan mendorong upaya penguatan dan penyediaan anggaran untuk pengelolaan kali kening. “Diajukan anggaran 140 miliar, dan akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah,” jelasnya.

Harapannya dapat meningkatkan upaya mitigasi bencana, serta membawa dampak sosial maupun ekonomi masyarakat di sekitar kali kening. [ali/lis]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Anggaran, kali, kening



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more