21:00 . Pandemi, Penghasilan Tukang Becak Anjlok   |   20:00 . Harga Bawang Mulai Berangsur Turun   |   19:00 . Positif Covid-19 Turun, Efektivitas PPKM Mikro Belum Disimpulkan   |   18:00 . Jadi Prioritas 2021, Ini Deretan Infrastruktur yang Digenjot Tuban   |   16:00 . Saat Harga Selangit, Cabai di Tuban Diserang Hama Patek, Petani Panen Dini   |   15:00 . Diduga Keluyuran, Status Terdakwa KK Ganda Diusulkan jadi Tahanan Rutan   |   08:00 . Momen HPN 2021, BNI Tuban Beri Kejutan Kue Ulang Tahun Kepada Insan Pers   |   07:00 . 30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar   |   19:00 . Meski Harga Cabai Melonjak, Pemilik Warung Makan ini Tetap Patok Harga Normal   |   18:00 . Sederet Penerima Hibah Rp7,175 Miliar APBD Tuban tahun 2021   |   17:00 . Cerita Penyintas Covid-19: Rutin Donor Plasma Membuat Tubuh Semakin Sehat   |   16:00 . Pameran Virtual Bulan Maret Diikuti Pelukis dari Tapin Hingga Jambi   |   13:00 . Harga Cabai Melambung, Cabai Busuk Kering di Tuban Dijual Rp50 Ribu Perkilogra   |   12:00 . Setelah Nakes, Ulama jadi Prioritas Vaksinasi   |   07:00 . Selain Bau Mulut, Waspada 3 Masalah Kesehatan Ini Jika Malas Menyikat Gigi   |  
Sat, 06 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sumber Awal Penularan Covid-19 di RSUD Koesma dari Pasien OTG 13 Tahun

bloktuban.com | Tuesday, 06 October 2020 09:00

Sumber Awal Penularan Covid-19 di RSUD Koesma dari Pasien OTG 13 Tahun

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Koesma Kabupaten Tuban, Abdul Rochman mengungkapkan sumber awal penularan Covid-19 yang menyebabkan seorang dokter di ruang Intalansi Gawat Darurat (IGD) meningal, satu dokter positif dan dua perawat positif.

Dokter IGD, Devid Erfiyanto awalnya terpapar dari pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) berumur 13 tahun. Pasien tersebut ditangani dr. Devid karena menelan jarum. Saat diperiksa pasien tersedak dan bersin.

Dari sinilah dr. Devid terpapar kemudian dirawat oleh tiga tenaga kesehatan (nakes) yang belakangan dinyatakan konfirmasi positif hasil tes swabnya. Pasien OTG tersebut sampai sekarang sehat, sedangkan dr. Devid meninggal dunia pada hari kamis tanggal 1 Oktober 2020.

"Hasil swab tiga nakes RSUD merupakan lanjutan dari kasus pasien OTG yang ditangani dr. Devid," ucap Wadir Abdul Rochman kepada blokTuban.com di depan ruang IGD, Selasa (6/10/2020).

Secara rutin lanjut Wadir di ruang IGD dilakukan penyemprotan/sterilisasi. Lockdown IGD selain pembersihan ruangan juga untuk penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya.

SDM yang selama ini bertugas di IGD dipastikan safety dulu, kemudian dilakukan tracing. Selama tracing berlangsung, seluruh nakes melakukan karantina di rumah.

"Mau tidak mau 49 Nakes IGD RSUD harus karantina di rumah sampai hasil tracking keluar. Untuk pembersihan di IGD kami sudah lakukan secara berkala," imbuhnya.

Seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban dan seluruh pasien yang berobat di RSUD, dimohon untuk patuh pada protokol kesehatan. Saat di rumah sakit diwajibkan memakai masker tanpa melepasnya, jaga jarak, dan sering-sering cuci tangan.

Ditegaskan bahwa Covid-19 ini belum ada obatnya. Wadir mengajak semua bisa melawan corona jika bersama-sama menjaga jangan sampai menjadi korban kecerobohan dari orang yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, IGD RSUD Koesma ditutup mulai hari selasa tanggal 6 Oktober 2020 sampai dengan senin tanggal 12 Oktober 2020 pukul 07.00 Wib. Untuk sementara waktu, layanan IGD dilaihkan ke rumah sakit yang lain.

Masyarakat bisa mendapat layanan di RS Medika Mulia, RS Muhammadiyah atau RS Nahdlatul Ulama yang jaraknya tidak jauh dengan RSUD Koesma Tuban.

Sesuai edaran RSUD di sosial media, pelayanan IGD RSUD Koesma dibuka kembali pada hari selasa tanggal 13 oktober 2020 pukul 07.00 Wib. Selama penutupan sementara ini, layanan IGD Ponek, intalansi rawat jalan tetap berjalan normal. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : covid, corona, rsud tuban, rsud dr koesma



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more