Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 04 October 2020 10:00

Promosikan Batik Binaan Pertamina, Tasikharjo Gelar Fashion Show

Promosikan Batik Binaan Pertamina, Tasikharjo Gelar Fashion Show

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Batik Nasional 2020. Desa binaan Pertamina TBBM Tuban ini, menggelar Fashion Show dan Lomba Cipta Motif Batik di balai desa setempat, Minggu (4/10/2020).

Kepala Desa Tasikharjo, Damuri menjelaskan Pertamina TBBM telah membina Batik Tasikharjo selama dua tahun terakhir. Ada 20 anggota yang terdiri ibu-ibu menggeluti batik.

"Dengan acara hari ini kami harapkan akan meningkatkan orderan. Outputnya memperkenalkan batik Tasikharjo lebih luas," ucap Kades Damuri kepada blokTuban.com.

Harga batik Tasikharjo sendiri sangat terjangkau. Per lembar kain batik dibandrol Rp100 sampai Rp120 ribu.

Selain batik, Pemdes juga telah berkomunikasi dengan Pertamina untuk CSR program konveksi penjahit. Saat ini ada 12 penjahit asli Tasikharjo yang siap dibina perusahaan BUMN.

"Kerjasama kami lewat BUMDesa dan nantinya kami berharap terus bisa berkolaborasi dengan TPPI dan Pertamina TBBM," imbuhnya.

Ketua kelompok Batik Sekar Tanjung, Susiani menambahkan ada dua kategori Lomba Fashion Show yaitu anak-anak diikuti 14 peserta dan kedua kategori dewasa diikuti 19 peserta. Sedangkan untuk Lomba Cipta Motif diikuti 9 RT dari Desa Tasikharjo.

"Untuk tahun ini event fashion show batik ini hanya antar RT, tapi tahun depan kita adakan antar kecamatan se-Kabupaten Tuban," sambungnya.

Salah satu keunggulan dari Batik Tasikharjo adalah corak bintang laut. Filosofi corak tersebut karena Tasikharjo terletak di daerah pesisir laut, sehingga diambilkan salah satu hewan yang dari laut untuk dijadikan motif batik.

"Corak batik yang paling laris itu bintang laut, sesuai dengan desa kita di pinggir pantai jadi pakai corak salah satu hewan laut," bebernya.

Sedangkan perwakilan peserta fashion show Nur Afifah dari RT 01 RW 02 mengungkapkan motivasinya ikut  fashion show batik untuk menambah pengalaman. Gadis usia 20 tahun perwakilan dari RT 01 ini juga berharap dirinya mendapatkan juara di ajang fashion show ini.

"Sebagai perwakilan dari RT 01 saya berhap dapat juara, agar bisa saya persembahkan untuk RT saya," pungkasnya. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Batik, fashion



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini