13:00 . Wisata Pantai Cemara Sugihwaras Ditutup Polisi   |   07:00 . Tak Hanya Buat Masak, Kayu Manis Ternyata Bisa Menutrisi Rambut   |   00:00 . Kades Berharap Sahabat Pertamina Berlanjut dan Ditingkatkan   |   23:00 . Sinkronisasi Program Sahabat Pertamina, Hadirkan 3 Desa di WIlayah Operasi   |   17:00 . SIG Pasok Beton untuk Konstruksi Lantai Industri   |   16:00 . Pemkab Bantu Air Bersih Tiga Desa di Parengan   |   15:00 . Hadirkan Tiga Paslon, PWI Tuban Gelar Diskusi Politik Pilkada Disiarkan Live Streaming   |   14:00 . EGM Pertamina Cek Layanan MyPertamina di SPBU   |   12:00 . FEATURE: Cerita Wali Kota Batu Betapa Lesunya Wisata Saat Covid-19   |   11:00 . Polisi di Tuban Beri Reward Paket Imun Booster Bagi pengendara Yang Tertib Lalulintas   |   10:00 . Aksi Duta Gemarikan Menjaga Cita-cita Anak Pesisir   |   07:00 . Musim Hujan, Waspadai 4 Penyakit Kulit Berikut   |   09:00 . Menaker RI Berharap Kepala Daerah Ikut Sosialisasikan UU Ciptaker   |   08:00 . Peduli Seniman Setiajit Gelar Wayang Pakeliran Padat   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |  
Tue, 27 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 02 October 2020 12:00

Oknum Sekdes Cepokorejo Bisa Diberhentikan, Ini Syaratnya

Oknum Sekdes Cepokorejo Bisa Diberhentikan, Ini Syaratnya

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Perwakilan warga Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang yang menggelar demo di Kantor Bupati Tuban ditemui oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Tuban, Joko Sarwono, Kamis (2/10/2020).

Kedatangan massa meminta keadilan atas kasus penggelapan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang melibatkan oknum Sekretaris Desa (Sekdes) setempat. Mereka meminta kejelasan oknum Sekdes untuk dipecat atau tidak.

"Kasus BPNT Cepokorejo sedang ditangani oleh penegak hukum dan prosesnya ada disana," terang Joko Sarwono dikonfirmasi blokTuban.com usai mediasi.

Joko menjelaskan, karena kasus ini berkaitan dengan perangkat desa maka yang jadi pijakan ketentuan ada di Undang-undangan (UU) desa. Dari sisi Pemkab khususnya Dinsos, untuk memberhentikan oknum penggelapan BNPT tidak perlu menunggu ketatapan hukum, karena di SOP diatur demikian.

"Proses hukum tetap berjalan dan pemberhentian juga berlangsung," imbuhnya.

Berbeda dengan kasus di Cepokorejo Palang ini, yang bersangkutan adalah Sekdes. Kalau Dinsos salah langkah tentu Pemkab akan berurusan di PTUN karena kesalahan administrasi.

Pemkab sekarang sedang menunggu ketatapan hukum, sesuai dengan mekanisme UU desa. Kalau oknum Sekdes diancam hukuman di atas 5 tahun, maka pemberhentian semestara bisa dilakukan.

Dalam aturan UU desa disebut jika yang bersangkutan diancam hukuman kurang dari 5 tahun, maka pemberhentian tidak perlu dilakukan.

"Inilah kondisi yang dihadapi mereka. Kalau Dinsos berharap sesuai dengan SOP BPNT," bebernya.

Sementara itu, perwakilan massa Julianto hanya meminta keadilan. Oknum Sekdes diminta untuk diberhentikan karena telah terlibat penggelapan BPNT sejak 2018.

"Kami hanya ingin keadilan karena hak warga miskin telah digelapkan," pungkasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sekdes cepokorejo, kasus penggelapan, penggelapan, korupsi



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more