Kompetisi PFMuda Pertamina Foundation Diikuti Lebih dari 700 Pemuda Milenial

Reporter: Nur Muharrom

blokTuban.com - Kompetisi PFMuda telah menjadi ajang berkreasi dan berinovasi yang banyak diminati pemuda milenial Indonesia. Hanya dalam kurun waktu empat minggu, kompetisi ini sudah diikuti sebanyak 700 peserta. Kompetisi PFMuda masih terbuka lebar untuk pemuda milenial yang memiliki kepekaan sosial dan ingin berkontribusi nyata untuk masyarakat.

Pendaftaran kompetisi PFMuda masih dibuka hingga tanggal 4 Oktober 2020. Bagi kalian pemuda milenial yang memiliki gagasan proyek sosial untuk masyarakat dan Indonesia, segera daftarkan dan lengkapi proposal proyek sosial kalian lewat situs resmi PFMuda https://muda.pertaminafoundation.org

Kompetisi PFMuda tahun ini bertemakan “Aksi Sosial Kreatif Untuk Menjawab Isu-Isu Sosial dan Lingkungan” dan terbuka untuk individu atau kelompok dengan rentang usia 15 tahun sampai 35 tahun.  Dalam kompetisi ini, para peserta ditantang untuk segera mengajukan gagasan proyek sosial yang mampu menuntaskan isu-isu sosial dan lingkungan dilengkapi dengan video dan foto mengenai proyek sosial tersebut. Total hadiah kompetisi PFMuda mencapai lebih dari setengah miliar rupiah dan terdapat juga hadiah untuk masing-masing kategori terbaik berupa kamera dan laptop.

Dalam kompetisi ini, para peserta akan menjalani serangkaian tahapan dan seleksi. Setelah tahap pendaftaran, akan diadakan seleksi administrasi untuk memilih 100 pendaftar terbaik. Seleksi kemudian kembali dilakukan melalui wawancara secara online hingga diperoleh 50 peserta terbaik yang akan dilatih dengan pelatihan ataupun webinar series berisi tutorial implementasi. 50 peserta akan kembali diseleksi hingga terpilih 10 peserta terbaik yang akan mengimplementasikan proyek sosialnya. Para peserta akan mendapatkan pengalaman dan pelatihan dari para juri maupun pelatih atau mentor yang terdiri dari sejumlah profesional muda berprestasi, akademisi, expertise, dan public figure yang telah sukses membangun bisnis berbasis proyek sosial.

“Terima kasih untuk antusiasme young leaders terhadap community projects PFMuda. Semoga upaya ini nantinya bisa terwujud nyata dan menjadi sebuah gerakan komunitas yang semakin besar setiap tahunnya untuk masyarakat. Meskipun dalam kondisi pandemi, kami akan maksimalkan program ini supaya mampu menuntaskan isu-isu sosial dan lingkungan dalam masyarakat,” ungkap Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari menyambut antusiasme kompetisi PFMuda.

Kolaborator dalam program PFMuda, Maudy Ayunda turut bangga melihat antusiasme pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki kepekaan sosial dan lingkungan dengan mendaftar kompetisi PFMuda.
“Indonesia memiliki berbagai isu dan tantangan untuk membuatnya menjadi negara maju. Salah satu hal yang bisa membuatnya maju adalah kreativitas dan inisiatif anak-anak muda dengan penuh energi mengamati masalah sosial yang ada di sekitar dan mencari solusi terbaik yang bisa dilakukan. Saya dan Maudy Ayunda Foundation mengajak anak-anak muda Indonesia untuk ikut program PFMuda, karena program ini membantu dan mendukung kalian untuk mewujudkan solusi-solusi tersebut menjadi nyata. Jangan lupa untuk mendaftar segera kompetisi ini, ayo kita berbuat sesuatu untuk orang-orang sekitar dan untuk Indonesia. Let’s do something for the community, let’s do something for Indonesia,” ujar Maudy, seorang penyanyi sekaligus aktris yang mendirikan Maudy Ayunda Foundation.

Kompetisi PFMuda menjadi sarana yang tepat untuk pemuda milenial karena para peserta dapat mengembangkan bakat dan hobi fotografi, videografi, dan jurnalistik dalam kompetisi ini. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk mewujudkan gagasan atau ide proyek sosial dengan bantuan pendanaan dan kedepannya menjadi young leaders dengan proyek sosial yang menginspirasi generasi muda lain.

Untuk informasi lebih lengkap bisa telepon kepada Andri Hidayat dengan nomor 081221619543 atau bisa via email di alamat andri.hidayat@pertaminafoundation.org