15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |   19:00 . Musim Penghujan, Harga Cabai Meroket   |   16:00 . Kesetrum, Warga Guwoterus Jatuh dari Pohon   |   15:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   14:00 . DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun   |   13:00 . Kapolres Sebut Pria Meningalnya Tanpa Busana di Hotel Tuban Punya Riwayat Sakit Jantung   |   12:00 . Lapas Tuban Dikunjungi TPN Kemenpan RB   |   11:00 . Apel Pengamanan Pilkada, Polres dan Kodim Tuban Kerahkan Hampir 1000 Personel   |   08:00 . Mengintip Kerajinan Pelapah Pisang   |   07:00 . Membangun "Chemistry" Kuat dengan Percakapan Sederhana   |   19:00 . Begini Harapan Kades, Setelah Ganjar Pranowo Datangi Makam Sunan Bejagung   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 30 September 2020 17:00

Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes di Kawasan Perbatasan Sidang di Tempat

Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes di Kawasan Perbatasan Sidang di Tempat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Polres Tuban bersama Kodim 0811, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri serta dari unsur Pemkab Tuban melaksanakan Operasi Yustisi Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) di kawasan perbatasan Tuban-Lamongan turut Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Rabu (21/9/2020).

Dalam kegiatan itu, para pelanggar Prokes langsung menjalani sidang di tempat yang digelar di depan Kantor Kecamatan Widang oleh Penyidik Polres, JPU Kejari serta Hakim Pengadilan Negeri Tuban, Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jatim Nomor 2 Tahun 2020.

"Hari ini wilayah perbatasan Tuban-Lamongan menjadi salah satu sasaran operasi. Sebab, merupakan pintu masuk yang bisa menjadi penyebab penyebaran Covid-19. Maka dari itu, kita harus memastikan khususnya masyarakat yang memasuki wilayah Kabupaten Tuban harus mematuhi Protokol Kesehatan," terang Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono.

Kapolres  juga jelaskan, Operasi Yustisi akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan sesuai dengan keputusan hakim tunggal dalam pelaksanaan operasi tersebut pelanggar akan didenda Rp 50 ribu. Dan apabila pelanggar tidak mampu membayar denda, maka akan diberi sanksi berupa kerja sosial serta sanksi kurungan selama 1 hari.

"Jadi Operasi Yustisi ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan pelanggar didenda Rp 50.000 sesuai dengan keputusan Hakim. Apabila tidak mampu membayar denda, ada alternatif lain yaitu kerja sosial serta kurungan selama 1 hari. Semoga dengan adanya kegiatan ini, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk tidak abai dalam mematuhi Protokol Kesehatan," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga  sempat bertanya kepada salah satu pelanggar yang tidak memakai marker, dan sedang menjalani sidang ditempat.
"Pagi Pak, Kenapa gak pakai masker Pak?" tanya pria kelahiran Ngawi itu.

"Iya Pak saya lupa, soalnya buru-buru mau jemput keluarga," jawab si pelanggar.

Sementara itu di sela-sela kegiatan, Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko menjelaskan, bahwa kegiatan Operasi Yustisi yang digelar di wilayah Widang ini dalam rangka untuk menegakkan hukum Prokes bagi pelanggar khususnya yang tidak menggunakan masker.

"Iya, hari ini kita dapat dukungan dari pimpinan kesatuan atas untuk melakukan kegiatan Operasi Yustisi masker di Kecamatan Widang dengan melibatkan personel dari Polres Tuban, TNI serta Satpol PP. Ini adalah upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya.[hud/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ops, polres, tuban, yustisi



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more