19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |   13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Laut Tercemar, Warga Tutup Paksa Pabrik Ikan di Bancar

bloktuban.com | Tuesday, 29 September 2020 19:00

Laut Tercemar, Warga Tutup Paksa Pabrik Ikan di Bancar

 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah pabrik pengolahan ikan PT. Nasional Indo Mina di Jalan Tuban-Bancar KM 41 didemo warga setempat, Selasa (29/9/2020) sore. Warga berjalan dari pemukiman menyusuri pantai dan tiba di pabrik.

Aksi warga bermula dari kondisi laut yang tercemar. Diduga kuat pabrik ikan sengaja membuang limbah ke laut dan tidak mengolahnya terlebih dahulu.

Dengan membawa poster berisi sejumlah keluhan, warga ditemui perwakilan manajemen pabrik. Beberapa warga sempat mediasi dan sisanya melakukan sweeping pekerja.

Satu persatu pekerja pabrik dipaksa keluar dari ruangan kerjanya. Massa semakin anarkis dengan membanting tong-tong ikan. Beberapa truk muatan ikan yang berada di dalam pabrik diminta untuk keluar pabrik.

Pantauan di lokasi pabrik, massa masih bertahan hingga pukul 16.31 Wib. Di sela mediasi, warga sempat menunjukkan limbah berbau. Air limbah bersama ikan dibuang di depan dan dalam kantor, dengan tujuan manajemen tahu betapa menyengat baunya.

Ketua Rukun Nelayan Boncong, Sholikan menjelaskan warga selama ini resah karena dampak limbah ikan yang diduga dibuang di laut membahayakan kesehatan warga.

"Selain berbau menyengat, limbah pabrik ikan juga berminyak membuat kulit warga gatal-gatal," ucapnya kepada blokTuban.com.

Sholikan membeberkan warga merasakan dampak limbah pabrik ikan selama empat tahun terakhir. Puncaknya sekarang ini warga demo dan meminta pabrik ditutup.

Usaha warga membuahkan hasil. Mediasi dengan manajemen pabrik, disepakati pabrik ditutup mulai tanggal 30 September 2020. Dituangkan dalam surat perjanjian antara pihak 1 diwakili pengurus limbah, Slamet Rahayu dan pihak 2 Sholikan.

Sementara itu, Humas atau juru bicara pemilik pabrik PT. Nasional Indo Mina, Slamet Rahayu menjelaskan, manajemen sebenarnya sudah berupaya pengadaan ijin IPAL dan mesin pengolah limbah. Karena terbentur birokrasi, sehingga belum datang.

"Tuduhan kalau kami buang limbah di laut itu tidak benar. Hasil kesepakatan bersama warga, pabrik ditutup sesuai dengan perjanjian bersama," sambung perempuan yang akrab disapa Meli.

Tak berhenti disitu, keluar dari pabrik warga beraksi di belakang gudang yang menjadi jalur pipa buangan limbah. Mereka menunjukkan bukti bahwa air limbah sangat berbau dan berminyak. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Pabrik, ikan, limbah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more