17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |   09:00 . Bawa Tuntutan Ketenagakerjaan, Warga 3 Desa di Tuban Demo PT. Rekind   |   08:00 . Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral   |   17:00 . Ekspedisi Buat 25 Jalur Panjat, Mahipal Buka Peluang Wisata   |   16:00 . Kasus Kekerasan Perempuan di Tuban Menurun   |   15:00 . Masyarakat Tuban Mulai Sadar Pentingnya Pakai Masker   |   12:00 . Pangdam Brawijaya: Berapa Pun Jumlah Personel Dibutuhkan, TNI Siap   |   09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |   18:00 . Sruduk Truk, Dump Truk Oleng Lalu Hantam Pemotor   |  
Thu, 22 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 21 September 2020 18:00

DPS Pilkada Diumumkan, Masyarakat Bisa Beri Masukan

DPS Pilkada Diumumkan, Masyarakat Bisa Beri Masukan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban mulai melakukan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang. Pengumuman DPS tersebut, sesuai dengan jadwal dilakukan mulai tanggal 19-28 September secara serentak di 328 Desa/ Kelurahan se- Kabupaten Tuban. 

Komisioner Divisi Data KPU Tuban, M. Nur Rokib mengatakan, pengumunan DPS merupakan bagian dari proses Pra Pilkada yang sesuai amanah PKPU 19 tahun 2019. Dengan tujuan, agar masyarakat dapat mengetahui data pemilih yang dipaparkan oleh lembar DPS. 

Sehingga masyarakat bisa memberi tanggapan untuk perbaikan  DPS sebelum nantinya disahkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Tanggapan yang dimaksud, menurut Rokhib, yakni berupa masukan atau laporan ketika ditemukan ketidaksesuaian elemen data pemilih dalam DPS dengan data asli. Semisal, ada kesalahan NIK, nama, alamat atau keterangan lainya. Yang mana semua tanggapan atas DPS tersebut, dapat dilaporkan kepada PPS setempat dimana itu masyarakat berada. 

"Tujuan utama dari pengumuman DPS adalah untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Jadi jika ditemukan kekeliruan masyarakat bisa menyampaikan kepada PPS setempat," terangnya. 

Selain bisa membuat laporan menyangkut diri sendiri, lanjut Rokhib, masyarakat juga bisa memberikan laporan jika diketahui ada nama pemilih lain yang belum masuk dalam DPS atau sebaliknya, masyarakat juga dapat memberitahu jika ditemukan nama yang harusnya tidak mendapat hak pilih tapi masih tercantum pada DPS sebagai pemilih. 

"Masyarakat juga bisa melaporkan jika  ditemukan kesalahan DPS menyangkut data pemilih lain," imbuh Rokib.

Mengenai pengumuman DPS sendiri, diterangkan Rokib, merujuk pada PKPU 19 tahun 2019, harus di tempel di lokasi yang mudah di akses oleh masyarakat, antara lain Dikantor desa/ kelurahan, serta bisa juga di sekretariat RT, RW, atau tempat strategis yang lain.

Yang mana harapan dari penentuan lokasi tersebut, selain sebagai usaha pelaksanaan proses Pemilu yang transparan juga agar masyarakat mudah melakukan akses terhadap lembar DPS yang tertempel. 

"DPS harus ditempel di tempat strategis dan mudah dijangkau masyarakat umum," pungkas Rokib.[hud/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Dps, pilkada



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more