07:00 . Tak Hanya Buat Masak, Kayu Manis Ternyata Bisa Menutrisi Rambut   |   00:00 . Kades Berharap Sahabat Pertamina Berlanjut dan Ditingkatkan   |   23:00 . Sinkronisasi Program Sahabat Pertamina, Hadirkan 3 Desa di WIlayah Operasi   |   17:00 . SIG Pasok Beton untuk Konstruksi Lantai Industri   |   16:00 . Pemkab Bantu Air Bersih Tiga Desa di Parengan   |   15:00 . Hadirkan Tiga Paslon, PWI Tuban Gelar Diskusi Politik Pilkada Disiarkan Live Streaming   |   14:00 . EGM Pertamina Cek Layanan MyPertamina di SPBU   |   12:00 . FEATURE: Cerita Wali Kota Batu Betapa Lesunya Wisata Saat Covid-19   |   11:00 . Polisi di Tuban Beri Reward Paket Imun Booster Bagi pengendara Yang Tertib Lalulintas   |   10:00 . Aksi Duta Gemarikan Menjaga Cita-cita Anak Pesisir   |   07:00 . Musim Hujan, Waspadai 4 Penyakit Kulit Berikut   |   09:00 . Menaker RI Berharap Kepala Daerah Ikut Sosialisasikan UU Ciptaker   |   08:00 . Peduli Seniman Setiajit Gelar Wayang Pakeliran Padat   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   21:30 . Arief-Nining Dipercaya Pimpin AMSI Jawa Timur   |  
Tue, 27 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 20 September 2020 07:00

Migrain, Apa Sih Ciri-Ciri dan Penyebabnya?

Migrain, Apa Sih Ciri-Ciri dan Penyebabnya?

Reporter: --

blokTuban.com - Pernah mengalami sakit kepala sebelah disertai rasa nyeri berdenyut pada kepala? Berarti kamu tengah mengalami migrain. Meskipun ada yang menganggap sepele, tetapi migrain yang tidak segera diobati bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Melansir National Health Service UK, migrain adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi, dan dapat menyerang sekitar 1 dari setiap 5 wanita dan sekitar 1 dari setiap 15 pria. Kondisi ini umumnya dimulai ketika seseorang mulai beranjak dewasa. Ingin tahu beberapa fakta lainnya tentang migrain? 

Migrain Memiliki Beberapa Jenis

Berdasar gejalanya, migrain dibagi ke dalam beberapa jenis, antara lain: 

Migrain dengan aura, yakni kondisi saat sebelum, migrain dimulai akan muncul tanda-tanda peringatan khusus, seperti melihat lampu berkedip

Migrain tanpa aura, ini adalah jenis yang paling umum, di mana migrain terjadi tanpa tanda-tanda peringatan khusus;

Migrain aura tanpa sakit kepala, juga dikenal sebagai silent migraine, yakni saat aura atau gejala migrain lainnya dialami, tetapi sakit kepala tidak berkembang.

Beberapa orang sering mengalami migrain, hingga beberapa kali seminggu. Sementara orang lain hanya mengalami migrain sesekali saja. Segera periksakan diri ke rumah sakit jika gejala migrain yang kamu alami sudah mengganggu.

Penyebab Migrain Bermacam-Macam. Penyebab pasti dari migrain hingga kini belum diketahui. Namun para ahli yakin bahwa kondisi ini sebagai hasil dari perubahan sementara pada bahan kimia, saraf, dan pembuluh darah di otak. Sekitar setengah dari semua orang yang mengalami migrain juga memiliki kerabat dekat dengan kondisi tersebut, yang membuktikan bahwa gen juga dapat berperan.

Beberapa orang juga menemukan serangan migrain terkait dengan pemicu tertentu, seperti dimulainya menstruasi, stres, kelelahan, atau efek samping makanan atau minuman tertentu.

Ada Gejala Khusus sebelum Migrain Menyerang

Satu atau dua hari sebelum migrain, pengidapnya mungkin akan merasakan beberapa perubahan halus yang bisa jadi peringatan bahwa migrain akan datang.

Beberapa gejala tersebut termasuk sembelit, perubahan suasana hati (dari depresi menjadi euforia), mengidam makanan tertentu, leher terasa kaku, rasa haus dan lebih sering buang air kecil, serta jadi lebih sering menguap.

Migrain Bisa Jadi Komplikasi

Migrain tergolong penyakit umum, beberapa orang menganggap bahwa migrain tidak perlu ditangani secara khusus. Padahal tanpa disadari, migrain tertentu bisa merujuk pada penyakit serius lain seperti stroke atau meningitis dengan gejala seperti sakit kepala tiba-tiba yang parah, lengan atau satu sisi atau seluruh wajah terasa lemas atau lumpuh, sakit kepala disertai dengan demam, leher kaku, kejang, penglihatan ganda, ruam kulit, dan kesulitan bicara sehingga gerak bibir sulit dimengerti.

Migrain Bisa Dicegah

Jika kamu menduga migrain bisa terjadi karena hal spesifik seperti stres atau jenis makanan tertentu, maka kamu bisa menghindari pemicu ini untuk mengurangi risiko mengalami migrain.

Kamu perlu mempertahankan gaya hidup sehat, termasuk di antaranya olahraga teratur, tidur dan makan, serta memastikan tetap terhidrasi dengan baik dan membatasi asupan kafein dan alkohol.

Sementara jika migrain semakin parah atau kamu telah mencoba menghindari kemungkinan pemicu dan masih mengalami gejala, dokter umum akan meresepkan obat-obatan untuk membantu mencegah serangan lebih lanjut. [lis]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Migrain, sebab



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more