09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |   18:00 . Sruduk Truk, Dump Truk Oleng Lalu Hantam Pemotor   |   16:00 . Rapat Paripurna, Wabup Sampaikan Soal Langkah Ekonomi 2021   |   14:00 . Perkuat Koordinasi, Pangdam dan Bupati Resmikan Pos Koramil Grabagan Jadi Koramil   |   13:00 . Tegakkan Disiplin Prokes, Aparat Gabungan di Tuban Gencarkan Operasi Yustisi   |   12:00 . Tuban Masuk Zona Kuning, Tetap Disiplin Prokes   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 19 September 2020 11:00

Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah

Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kecamatan Kota menjadi titik kumuh yang setiap tahun menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kabupaten Tuban. Hanya dengan mengubah masalah sampah menjadi bernilai tambah, menjadi solusi menyulap kawasan Kota lebih enak dipandang.

Pada momentum Hari Bersih-Bersih Sedunia atau lebih dikenal "World Cleanup Day", Karang Taruna Ronggolawe Kelurahan Sidomulyo Tuban melakukan aksi pungut sampah serentak.

Lebih dari 50 orang mulai Camat Tuban, komunitas Muda Sadar budaya dan pariwisata "Sabudarta", dan Karang Taruna Kabupaten Tuban antusias memungut sampah.

Camat Tuban, R.Moch. Dani Ramdhani mendukung dan bangga dengan karang taruna Ronggolawe atas aksi pemungutan sampah kali ini. Sejatinya aksi semacam ini tidak harus menunggu program pemerintah, tapi inisiatif warga juga penting.

"Masalah sampah adalah problem klasik. Selama ada aktifitas manusia, sampah itu selalu ada," terang Camat Dani, Sabtu (19/9/2020).

Sebagian sampah di Kecamatan Kota, lanjut mantan Camat Singgahan sudah dimanfaatkan untuk menguruk pantai atau reklamasi. Reklamasi tersebut kini sudah menjadi fasilitas umum, dan ini sudah menjadi nilai positif.

Tumpukan sampah yang bermuara di Sungai Mangunjoyo, menurut Camat Dani butuh penanganan ekstra dari intansi terkait. Secepatnya antusias warga memungut sampah akan dilaporkan ke Bupati Tuban.

"Sejak awal kami punya konsep penanganan sampah di Kecamatan Kota, terhenti karena pandemi. Dengan semangat warga kali ini memacu kami untuk melanjutkan rencana yang tertunda," tegasnya.

Ketua karang taruna Ronggolawe Muhammad Adib, menyampaikan di Kelurahan Sidomulyo ini tempatnya sampah. Sampah di pinggiran pantai ini sudah turun temurun dan sampai sekarang belum teratasi.

"Kami turun tangan supaya masalah sampah sedikit berkurang," sambungnya.

Sementara itu, Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska mengapresiasi dan meminta kaeang taruna untuk konsisten melakukan kegiatan aksi pungut sampah seperti ini. Selain itu aksi-aksi seperti ini juga merambat ke aksi-aksi sosial yang lain.

"Aksi nyata karang taruna ini sangat penting untuk menjadikan kawasan Sidomulyo bebas sampah," pungkasnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : masalah, sampah, tuban, sidomulyo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more