Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kecamatan Kota menjadi titik kumuh yang setiap tahun menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kabupaten Tuban. Hanya dengan mengubah masalah sampah menjadi bernilai tambah, menjadi solusi menyulap kawasan Kota lebih enak dipandang.

Pada momentum Hari Bersih-Bersih Sedunia atau lebih dikenal "World Cleanup Day", Karang Taruna Ronggolawe Kelurahan Sidomulyo Tuban melakukan aksi pungut sampah serentak.

Lebih dari 50 orang mulai Camat Tuban, komunitas Muda Sadar budaya dan pariwisata "Sabudarta", dan Karang Taruna Kabupaten Tuban antusias memungut sampah.

Camat Tuban, R.Moch. Dani Ramdhani mendukung dan bangga dengan karang taruna Ronggolawe atas aksi pemungutan sampah kali ini. Sejatinya aksi semacam ini tidak harus menunggu program pemerintah, tapi inisiatif warga juga penting.

"Masalah sampah adalah problem klasik. Selama ada aktifitas manusia, sampah itu selalu ada," terang Camat Dani, Sabtu (19/9/2020).

Sebagian sampah di Kecamatan Kota, lanjut mantan Camat Singgahan sudah dimanfaatkan untuk menguruk pantai atau reklamasi. Reklamasi tersebut kini sudah menjadi fasilitas umum, dan ini sudah menjadi nilai positif.

Tumpukan sampah yang bermuara di Sungai Mangunjoyo, menurut Camat Dani butuh penanganan ekstra dari intansi terkait. Secepatnya antusias warga memungut sampah akan dilaporkan ke Bupati Tuban.

"Sejak awal kami punya konsep penanganan sampah di Kecamatan Kota, terhenti karena pandemi. Dengan semangat warga kali ini memacu kami untuk melanjutkan rencana yang tertunda," tegasnya.

Ketua karang taruna Ronggolawe Muhammad Adib, menyampaikan di Kelurahan Sidomulyo ini tempatnya sampah. Sampah di pinggiran pantai ini sudah turun temurun dan sampai sekarang belum teratasi.

"Kami turun tangan supaya masalah sampah sedikit berkurang," sambungnya.

Sementara itu, Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska mengapresiasi dan meminta kaeang taruna untuk konsisten melakukan kegiatan aksi pungut sampah seperti ini. Selain itu aksi-aksi seperti ini juga merambat ke aksi-aksi sosial yang lain.

"Aksi nyata karang taruna ini sangat penting untuk menjadikan kawasan Sidomulyo bebas sampah," pungkasnya. [ali/ito]