BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Aula Unit Pelaksana Teknis ( UPT) BPP Kecamatan Rengel, Jumat (18/9/2020) sore tadi mendapat kunjungan kerja (kunker) Badan  Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian ( BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Turut hadir pula Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Murtadji berikut Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Kecamatan Rengel. Kunjungan Kepala BPPSDMP tersebut, sekaligus memberikan motivasi Kepada para penyuluh dan kelompok tani   

Kepala BPPSDMP, Prof Dr. Dedy Nursamsi MA, GR menyampaikan 3 poin khusus. Pertama, tentang pembangunan SDM, Modernisasi Alat Pertanian, dan kreativitas para penyuluh maupun kelompok tani.

“Pembangunan pertanian, siapapun Presidennya ataupun Menterinya, pasti arah pembangunan pertanian berorientasi pada swasembada atau kedaulatan pangan. Jadi, pembangunan pertanian pasti diarahkan pada terwujudnya kedaulatan pangan dan kesehjahteraan pertani," jelasnya.

Lebih dari itu, sambungnya, juga demi menjaga ketahanan pangan nasional, fokus utama yang disasar adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengarah pada kreativitas petani untuk memanfaatkan lahan pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban sangat bersyukur atas kunker Kementerian Pertanian. Hal itu menunjukan bahwa sektor pertanian di Bumi Wali begitu diperhatikan oleh pemerintah.

"Selain pemantauan lahan pertanian, Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Tuban juga akan meninjau produk-produk dari kelompok tani yang menjadi nilai jual. Sehingga diharapkan dengan adanya produk-produk dari petani nantinya bisa mendongkrak perekonomian petani yang ada di Kabupaten Tuban," paparnya. [feb/col]