19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |   13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Datang ke Sawah Setiajit Ajari Petani Cara Kendalikan Hama Padi

bloktuban.com | Thursday, 17 September 2020 08:00

Datang ke Sawah Setiajit Ajari Petani Cara Kendalikan Hama Padi

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com – Mantan Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) yang juga calon bupati Tuban Setiajit terus bergerak membantu petani. Salah satunya, Setiajit mengajari para petani cara mengendalikan hama wereng yang benar. 

Sebab, saat ini lahan pertanian warga di sejumlah kecamatan sedang diserang hama wereng. Hama itu menyerang batang bagian bawah padi. 

Sehingga cara membasminya dilakukan secara benar. Hama tersebut bisa hilang dengan disemprot cairan obat. Hanya, cara menyemprotnya harus benar.

‘’Wereng ini ada di bagian batang, jadi cara menyemprotnya harus langsung ke batang. Disemprot dari bawah, jangan dari atas,’’ ujar Setiajit saat memberikan penjelasan pada petani.

Kamis (17/9/2020) Setiajit turun di dua desa di Kecamatan Pumpang, Desa Cangkring dan Kepohagung. 

Di setiap desa, kepala desa (Kades) langsung menyambut Setiajit. Seperti Kades Cangkring Rispandi dan Kades Kepohagung Dono Samuri.

Ratusan petani menyambut antusias kedatangan pejabat kelahiran Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Tuban ini.

Untuk teknis pengendalian hama, Setiajit memercayakan pada Parman, petugas Pengamat Hama Penyakit (PHP) yang membawahkan Kecamatan Plumpang dan Widang.

‘’Yang jelas, pengendalian hama harus dilakukan serentak dan bersama-sama. Ikuti arahan dari petugas pertanian,’’ pesan Setiajit.

Petani yang saat itu hadir mendoakan mantan Pejabat Bupati Jombang itu menjadi Bupati Tuban. Doa itu disampaikan karena para petani sangat senang, sebab kedatangan Setiajit dengan membawa bantuan obat pembasmi hama.

Sebab, sudah beberapa bulan ini para petani dipusingkan dengan banyaknya hama yang menyerang tanaman padi mereka. Yang pertama adalah hama tikus yang mulai menyerang sejak sekitar Agustus 2019 lalu. Dan sekarang hama wereng.

‘’Saya sangat senang Pak Setiajit datang dengan membantu obat pembasmi hama,’’ ujar Kuwat (50) salah satu petani.

Kuwat punya sawah sekitar 400 meter persegi. Dia mengaku kewalahan dengan hama yang menyerang lahan pertaniannya. Untuk membasmi hama, dia menyemprot dengan menggunakan pestisida. 

Untuk sekali semprot dia butuh sedikitnya dua tangki pestisida yang sudah dicampur air. Satu botol pestisida paling murah Rp 150 ribu harganya. Satu botol paling banyak bisa untuk Sembilan tangki. Padahal, agar tanaman bagus, minimal dua kali seminggu harus disemprot. 

‘’Karena, kalau kurang bagus hasilnya saya semprot lagi, begitu terus,’’ katanya.

Keluhan inilah yang dijawab Setiajit. Bukan hanya di Kecamatan Plumpang saja, karena petani di Kecamatan Widang, Rengel dan lainnya juga mengeluhkan hal serupa dan dibantu.[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : setiajit, bupatituban, hamawereng, petani, padi



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more