Percepat Pembangunan Kilang Tuban, 60 Makam di Wadung Dipindahkan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 60 makam di Desa Wadung, Kecamatan Jenu akan dipindahkan di lokasi relokasi yang telah disediakan PT. Pertamina. Pemindahan makam ini guna mempercepat pembangunan Kilang GRR Tuban, Senin (14/9/2020).

Kepada blokTuban.com Kepala Desa Wadung, Sasmito mengatakan ada dua opsi lokasi makam baru yaitu di makam tua Wadung dan lokasi relokasi kawasan Perhutani.

"Waktu rapat banyak warga yang setuju pemindahan makam di tempat relokasi," terang Sasmito.

Meski mayoritas warga setuju di tempat relokasi, lanjut Sasmito menambahkan ada warga yang meminta dipindahkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wadung. Kendati demikian, belum mengatahui karena ahli waris juga belum jelas kesepakatannya di mana.

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten Tuban bersama PT. Pertamina GRR pada bulan Juli lalu telah membahas tukar menukar Tanah Kas Desa (TKD) Desa Wadung.

Kabag Pemerintahan Pemkab Tuban, Erkhamni menjelaskan, TKD yang dibahas hanya di Desa Wadung dan telah masuk dalam Penetapan Lokasi (Penlok) pembangunan Kilang Pertamina-Rosneft.

"Luasan TKD Wadung sekitar 13,9 hektare, sedangkan calon penggantinya seluas 24,7 hektare ada Desa Wadung, Kaliuntu, Tasikharjo, Mentoso, Purworejo dan Temaji Kecamatan Jenu," terang mantan Camat Tuban

Sebagaimana diketahui, Pertamina telah menuntaskan pekerjaan land clearing Kilang Minyak seluas 326 hektar serta pekerjaan restorasi telah mencapai 184.400 meter persegi atau 88 persen dari total 20 hektar.

Dari total lahan yang dibutuhkan untuk proyek kilang minyak dan petrokimia di Kabupaten Tuban, 92 persen lahan diantaranya telah dibebaskan. Proyek ini sempat terhenti beberapa saat sejak 2017 dengan nilai proyek Rp211,9 triliun. [ali/ito]