Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Jalani Tes Kesehatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tahapan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban pada Pilkada Serentak 2020 telah berlangsung tanggal 4-6 September 2020.

Pada tahapan tersebut ada 3 paslon Bupati-Wakil Bupati yang mendaftar. Ketiga pasangan tersebut yaitu Aditya Halindra Faridzki-Riyadi, Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar, dan Setiajit-Armaya Mangkunegara.

Kini ketiga paslon Bupati dan Wakil Bupati Tuban akan menjalani tes kesehatan selama tiga hari, Senin-Rabu (7-9/9/2020).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Tuban, Nur Hakim mengatakan, paslon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftarkan diri pada Pilkada memang harus menjalani tes kesehatan sebagaimana tahapan yang ada.

Pelaksanaan tes kesehatan dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Semua paslon tak hanya cek up kesehatan, tapi juga harus menjalani tes swab untuk deteksi Virus Corona atau Covid-19.

"Tes dilaksanakan selama tiga hari, tanggal 7-9 dan berlaku bagi semua calon," ujar Nur Hakim saat diakonfirmasi blokTuban.com.

Menurutnya, tes kesehatan yang dilakukan oleh para paslon Bupati-Wakil Bupati nantinya dibiayai oleh KPU sebagai penyelenggara. Sebab, kegiatan tersebut merupakan salah satu tahapan dan persyaratan pencalonan pada Pilkada serentak 2020.

"Tes kesehatan masih tanggung jawab KPU, karena masih masuk tahapan Pilkada," imbuhnya.

Perlu diketahui, setelah tahapan pemeriksaan kesehatan bagi paslon, maka penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan dilaksanakan tanggal 11 sampai 12 September 2020.

Tahapan verifikasi syarat calon dimulai tanggal 6 sampai 12 September. Pemberitahuan hasil verifikasi 13 hingga 14 September.

Lalu pengumuman dokumen perbaikan syarat calon sejak tanggal 14 sampai 12 September 2020. Penyerahan perbaikan syarat calon 14 hingga 16 September dan tahapan verifikasi perbaikan syarat calon 16 hingga 22 September 2020.

Penetapan paslon pada tanggal 23 September 2020. Setelan itu dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman nomor urut paslon pada 24 September.[hud/ito]