Di Tuban Ada, 33 Petugas Medis Positif Covid-19

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Jumlah tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban, selama lima bulan terakhir berjumlah 33 orang.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, hingga saat ini ada 33 tenaga medis meliputi Staf Rumah Sakit (RS) Daerah, RS Swasta, Staf Puskesmas dan klinik kesehatan lainnya positif Covid-19.

"Kurang lebih lima bulan, ada 33 tenaga medis yang terpapar Covid-19," ujar Endah, Selasa (1/9/2020).

Jubir sekaligus Sekretaris Dinkes Tuban itu menambahkan, penyebab terbanyak kasus tenaga medis terpapar covid-19 dikarenakan, tertular dari pasien positif Covid-19. Lantaran, petugas kesehatan tersebut kontak dengan pasien yang merupakan, Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Sebagai besar dikarenakan,  kontak dengan pasien positif Covid-19," ujarnya.

Untuk itu ia berharap, kepada tenaga medis saat menangani pasien untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesaui protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

"Selalu menggunakan APD, Jaga jarak, hidup sehat dan istirahat teratur agar imun tubuh selalu meningkat," imbuhnya.

Berdasarkan peta penyebaran Covid-19, pada Senin (31/8/2020) jumlah pasien suspek sebanyak 9 orang, terkonfirmasi 380 orang, sembuh 254 orang, dirawat 77 orang dan pasien positif Covid-19 yang meninggal 49 orang. [nid/col]