Tim Medis SAHABAT Pertamina  Siaga di Sirkuit Motor Cross

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro mempunyai arena sirkuit motor cross, yang mana pada Minggu (30/8/2020) dijadikan tempat latihan bersama puluhan crosser.

Berada di wilayah operasi, PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati dengan mitra program, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSada) Bojonegoro melalui Program Penguatan KeSAdaran KeseHAtan berBasis masyarakAT (SAHABAT) Pertamina turut siaga.

Tenaga Ahli SAHABAT Pertamina, Nurul Jariyatin kepada blokBojonegoro.com menjelaskan, dalam kegiatan bersama yang berlangsung dari pagi hingga sore, Tim SAHABAT Pertamina siaga di lapangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga selama cross berlangsung.

"Sebagai bentuk partisipasi di wilayah operasi, Tim SAHABAT Pertamina stand by sejak sebelum mulai acara hingga selesai sekitar pukul 16.00 WIB," ujar Bu NJ, sapaan karibnya.

Tim SAHABAT Pertamina, lanjut Nurul, menyiapkan tim yang siap menangani luka ringan hingga antisipasi melakukan penanganan jika terjadi patah tulang.

"Selama berjalannya latihan, ada 2 pasien yang kami tangani, yakni luka ringan akibat gagal jatuh saat mengendari motor cross di sirkuit," imbuhnya.

Program SAHABAT Pertamina, kata Nurul, selain melakukan kegiatan  Kegiatan Layanan Kesehatan di antaranya Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat, Keluarga Binaan, dan Mobil Layanan Kesehatan, juga turut memberikan layanan dalam kegiatan partisipatif.

"Selain motor cross, kami juga pernah turut partisipasi dalam pencanangan Kampung Tangguh Semeru di Desa Campurejo. Selain itu, juga turut berpartisipasi dalam pelayanan Posyandu bersama puskesmas di desa wilayah operasi," kata Nurul.

"Alhamdulillah Program Sahabat Pertamina ini sangat diterima masyarakat wilayah operasi Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, kami berharap ke depan Program ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat sekitar, " ujar Indarwan Harsoni, Field Manager Pertamina EP Sukowati Field ketika ditemui di tempat terpisah. [ito/lis]