08:00 . 7 Rumah Sakit Ajukan Plasma Konvalesen di PMI Tuban   |   07:00 . Penting, Pemberian ASI Sejak Awal Kelahiran Tingkatkan Kekebalan Anak   |   12:00 . Kecelakaan di Pakah-Soko, Pemotor Meninggal, Mobil Pengisi ATM Terbalik   |   11:00 . Jalan Pantura Ditanami Pisang   |   08:00 . Pekerja Industri Mulai Donorkan Plasma Konvalesen di PMI   |   07:00 . Usai Divaksin, Bisakah Penerima Tularkan Covid-19??   |   17:00 . 6 Jenis Pohon Ini Ditanam di Pantai Semilir   |   16:00 . Tak Segan Putus Kontrak Supplier Jika Pasok Beras BPNT Jelek   |   15:00 . Tiga Bulan Pertama 2021, BMKG Ingatkan Ada Multi Resiko Bencana   |   11:00 . Kepergok Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Push Up   |   07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |  
Mon, 18 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dua KPM Cepokorejo Dapat Layanan Psikologi, Begini Kondisinya

bloktuban.com | Tuesday, 25 August 2020 14:00

Dua KPM Cepokorejo Dapat Layanan Psikologi, Begini Kondisinya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sauni dan Sri Tutik, dua Keluarga Penerima Manfat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kemensos dari Dusun Randugeneng, Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang mendapat layanan psikologi tahap dua dari Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) dan Kopri PMII Tuban.

Layanan konseling tersebut, untuk memastikan kesiapan psikologisnya Tutik dan Sauni, saat menghadapi tahapan-tahapan litigasi juga mempersiapkan menghadapi publis.

"Pada konseling tahap awal, KPR mendatangkan tenaga profesi konselor dari Surabaya Ibu Esa, S.Psi dari Lembaga Pelayanan Psikologi & Pengembangan SDM (LP3S). Dilakukan setelah Sekretaris Desa Cepokorejo, Susilo Hadi Utomo ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Tuban atas kasus dugaan penggelapan BPNT," Warti dari KPR Tuban.

Hasil dari konseling yang kedua menunjukkan kekuatan yang positif, dimana kedua perempuan tersebut lebih berani menghadapi kenyataan dan siap menguak kubangan dana BPNT.

Tutik dan Sauni, merasakan kegembiraan tiada tara atas kehadiran rombongan dari (KPR dan Kopri PMII Tuban) saat dilakukanya konseling tahap dua. Keduanya menyampaikan mimpi dalam waktu dekatnya yaitu seandainya pendamping dari TKSK, atau Aparat Desa dan Koordinator Kabupaten memberikan layanan seperti yang diberikan KPR maka kami akan sangat merasakan kehadiran mereka sama dengan kehadiran pemerintah atau Negara.

"Sayangnya paska kami melaporkan dan kami dilaporkan balik tidak ada satupun dari mereka yang memberikan penguatan secara psikis. Tapi sudahlah, kami merasa cukup memikili kekuatan batin dengan adanya KPR dan Kopri PMII Cabang Tuban," sambung Sauni dan Sri Tutik.

Dalam waktu dekat ini, setelah merampungkan konseling tahap dua, KPR akan memfasilitasi program Sekolah Paralegal kepada KPM dari Dusun Randugeneng Desa Cepokorejo Kecamatan Palang. Upaya ini sebagai bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum.

Lebih dari itu, untuk memahamkan kepada warga proses-proses alur litigasi dan memberikan suntikan semangat atas jaminan bahwa sistem hukum yang ada telah mengimplementasikan prinsip peradilan yang bersih dan adil. Sekaligus adanya pengakuan atas persamaan perlakuan di depan hukum tanpa diskriminasi.

Oleh karena itu, tidak ada sedikitpun pengurangan atau pembatasan yang dapat dilakukan oleh negara untuk menjamin hak konstitusional warga negara mendapatkan hak persamaan di depan hukum.

"Kemiskinan seseorang tidak menghilangkan haknya untuk mendapatkan pembelaan dari advokat dan pendampingan dari paralegal serta psikolog," imbuh Warti.

Pembelaan dan pendampingan hukum bagi masyarakat miskin, marginal dan kelompok rentan akan menciptakan keseimbangan dalam proses hukum (due process of law) sehingga keadilan akan berlaku bagi setiap orang tanpa terkecuali (justice for all).

Diberitakan sebelumnya, Tiga lembaga non pemerintah, Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR), FITRA Jatim, dan Korpri PC PMII Tuban, melakukan pendampingan terhadap dua orang KPM tersebut.

Berdasarkan investigasi lapangan yang dilakukan oleh Koalisi Perempaun Ronggolawe (KPR), kasus dugaan penyelewengan program BPNT tersebut diketahui pada tangggal 10 Mei 2020.

Penyidik Satreskrim Polres Tuban telah melakukan gelar perkara kasus penggelapan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Cepokorejo, yang menyeret Sekretaris Desa (Sekdes) Cepokorejo, Susilo Hadi Utomo.

Usai gelar perkara, akhirnya penyidik menetapkan Sekdes Cepokorejo sebagai tersangka kasus tersebut, Selasa (18/8/2020). Penyidik menaikkan status Sekdes Cepokorejo dari saksi menjadi tersangka lantaran unsur-unsurnya sudah terpenuhi. [ali/ito]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kpr, tuban, Cepokorejo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more